Jumat 26 Jul 2024 04:43 WIB

Transformasi PKB, dari Partai 'Jawa' ke Nasional, Begini Penjelasan Waketum Hanif Dhakiri

Cak Imin Disebut Bawa PKB Jadi Partai Nasional

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Erdy Nasrul
Ketua Umum Partai Keadilan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kiri) dan Wakil Ketua DPP PKB Hanif Dhakiri (kanan).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua Umum Partai Keadilan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kiri) dan Wakil Ketua DPP PKB Hanif Dhakiri (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hanif Dhakiri mengungkapkan moncernya PKB di bawah tangan dingin Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Hanif menyebut Cak Imin mampu mengerek PKB hingga menjadi partai nasional.

Hanif mengatakan PKB kini tak hanya berlabel partai politik yang berbasis di Jawa saja. Sebab ada perolehan suara dan kursi legislatif PKB menurutnya di seluruh daerah Indonesia. Hanif mengacu pada hasil PKB di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

Baca Juga

"PKB berhasil bertransformasi menjadi partai nasional, bukan lagi partai Jawa. Perolehan suara dan kursi PKB hampir merata di seluruh wilayah tanah air," kata Hanif dalam keterangan pers pada Kamis (25/7/2024).

Dengan capaian PKB, Hanif meyakini bahwa politik tidak selalu berorientasi pada uang semata, melainkan juga pada kemampuan personal dan keseriusan berjuang membela kepentingan rakyat.

"Orang bilang banyak jalan menuju Roma. Tokoh agama bilang, banyak jalan menuju surga. Bagaimana jalan menuju DPR/DPRD? Masa iya cuma uang jalannya?" tanya Hanif.

"Pasti banyak jalan bagi mereka para petarung kreatif dan inovatif. Pola pikir itulah yang harus dimiliki kader-kader PKB, dan kita sudah membuktikannya pada Pemilu lalu," sambung eks Menteri Ketenagakerjaan itu.

Diketahui, Hanif baru saja membuka Sekolah Pemimpin (Sespim) Perubahan Wilayah 4. Kegiatan sekolah tersebut diikuti oleh 251 anggota legislatif terpilih PKB pada Pileg 2024 dari daerah Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Riau.

Hanif berpesan kepada para anggota legislatif itu agar serius mengikuti kegiatan tersebut. Hanif menyebut Sespim ini sebagai pendidikan politik lanjutan bagi para kader PKB yang bakal menjadi wakil rakyat.

"Banyak pengurus DPP yang ikut Sespim sebelumnya wajib ngulang, karena nggak serius ikut Sespim," kata Hanif.

Sementara itu, Ketua DPW PKB Sumatera Utara M Jafar Sukhairi Nasution menyebut suara PKB di Sumatera Utara mengalami peningkatan signifikan. Ia mengungkit PKB berhasil menjadi pemenang Pileg di Kabupaten Samosir.

Jafar berharap Sespim Perubahan itu dapat meningkatkan kinerja seluruh anggota legislatif dari PKB. Menurutnya para anggota legislatif dari PKB harus menjadi pemimpin yang baik dan sapat melayani aspirasi masyarakat.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement