Jumat 26 Jul 2024 08:59 WIB

10 Peristiwa Besar dan Keutamaan Hari Jumat, Nomor 9 Spesial Banget

Hari Jumat momentum yang baik untuk memperbanyak ibadah.

Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi melaksanakan sholat Jumat di area Masjid al-Aqsha.
Foto:

7. Hari berlimpah pahala

Keutamaan hari Jumat lainnya, yaitu pahala yang dilipatgandakan oleh Allah SWT karena mengerjakan ibadah (sunnah maupun wajib) dan amal kebajikan.

Orang-orang mukmin yang melakukan kegiatan ibadah dan kegiatan sosial di hari Jumat, akan memperoleh pahala yang lebih besar dibandingkan hari-hari lainnya.

Pernyataan tersebut telah diperkuat oleh hadis yang diriwayatkan oleh Imam Syafi’i dalam kitab Al-Umm, yang berbunyi:

بَلَغَنَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّ رَسُولَ اللهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنِّي أُبَلَّغُ وَأَسْمَعُ قَالَ وَيُضَعَّفُ فِيهِ الصَّدَقَةُ

Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239).

8. Yang wafat Hari Jumat mendapatkan kekhususan

Orang-orang yang meninggal pada hari Jumat akan dilindungi oleh Allah SWT dari fitnah kubur. Jadi mereka akan dipermudah ketika berada di alam kubur, hal ini telah disampaikan oleh Rasulullah SAW dan diriwayatkan dalam sebuah hadis berikut ini:

Dari Abdullah bin Amru RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah seorang muslim meninggal di hari Jumat, kecuali Allah lindungi dari fitnah kubur. (HR Tirmizi 1074)

9. Waktu Terbaik untuk Nikah

Keutamaan hari Jumat selanjutnya, yaitu menjadi waktu yang terbaik untuk melangsungkan akad nikah. Tidak hanya akad nikah, hari Jumat juga menjadi waktu terbaik untuk pria yang ingin melangsungkan khitbah atau lamaran.

10. Menjadi Hari Raya Umat Muslim

Hari raya umat Islam tidak hanya datang, pada saat Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha tapi juga datang setiap pekan yakni di hari Jumat. Karena itulah, umat Islam dianjurkan mandi besar di hari Jumat, dilarang bepergian saat mendekati shalat Jumat, dan dilarang berpuasa di hari tersebut.

Berdasarkan pendapat para ulama, hari Jumat merupakan hari yang dimuliakan oleh Allah SWT. Karena itu sebagai umat muslim sudah seharusnya menghormati dan memuliakan hari tersebut.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement