Senin 29 Jul 2024 08:07 WIB

Perjamuan Yesus Kristus: Dilecehkan di Olimpiade Paris, Dimuliakan di Alquran

Perjamuan Nabi Isa dan murid-muridnya tercantum dalam surat Almaidah

Red: Fitriyan Zamzami
Muslimah membaca Al-Quran di Jakarta, Rabu (6/3/2024). Kisah perjamuan Nabi Isa tercantum di dalam Alquran.
Foto:

Penyelenggara Olimpiade Paris telah meminta maaf kepada siapa pun yang tersinggung dengan gelar teatrikal yang mengingatkan pada “The Last Supper” karya Leonardo da Vinci selama upacara pembukaan yang glamor.

Adegan pada upacara hari Jumat menampilkan DJ dan produser Barbara Butch – ikon LGBTQ+ – diapit oleh seniman drag dan penari. Penganut agama konservatif dari seluruh dunia mengecam segmen tersebut, dan konferensi para uskup Gereja Katolik Prancis menyesalkan “adegan cemoohan” yang menurut mereka merupakan ejekan terhadap agama Kristen – sebuah sentimen yang juga disuarakan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova. 

Persekutuan Anglikan di Mesir menyatakan “penyesalan mendalam” pada Ahad, dengan mengatakan upacara tersebut dapat menyebabkan IOC “kehilangan identitas olahraga dan pesan kemanusiaannya yang khas.”

Direktur artistik upacara tersebut, Thomas Jolly, telah mencoba menjauhkan adegannya dari adegan “Perjamuan Terakhir” setelah upacara tersebut. Ia mengatakan bahwa hal itu dimaksudkan untuk merayakan keberagaman dan memberi penghormatan kepada pesta dan keahlian memasak Prancis.