Kamis 01 Aug 2024 22:05 WIB

Pelatih Sebut Tiga Lifter Merah-Putih Sudah Siap Fisik dan Mental Berlaga di Paris

Para lifter berlatih di Montpellier menjelang masuk ke athlete village di Paris.

Red: Israr Itah
Lifter putri Indonesia Nurul Akmal
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Lifter putri Indonesia Nurul Akmal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim angkat besi Indonesia Muhammad Rusli mengatakan, ketiga atlet angkat besi (lifter) andalan Indonesia sudah siap secara fisik dan mental untuk berlaga pada Olimpiade Paris 2024.

"Insya Allah, tiga atlet kita sudah siap baik secara fisik dan mental," ujar Rusli ketika dihubungi dari Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Baca Juga

Tiga lifter andalan Indonesia yang berjuang dalam ajang kompetisi olahraga tertinggi dunia di Paris yaitu lifter putra Eko Yuli Irawan (61 kg) dan Rizki Juniansyah (73 kg), serta lifter putri Nurul Akmal (+81 kg).

Rusli menjelaskan ketiganya akan berlaga pada hari yang berbeda, Eko akan turun pada 7 Agustus, Rizki 8 Agustus, dan terakhir Nurul pada 11 Agustus. Ia menjelaskan, ketiga lifter saat ini terus menjalani latihan rutin melalui pemusatan latihan di Montpeiller, Prancis, yang difokuskan pada menjaga kebugaran fisik.

Latihan kekuatan teknik, kata dia, telah dijalani selama pemusatan latihan di Jakarta yang diadakan Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) sehingga dalam sesi persiapan di Prancis dimanfaatkan untuk pemantapan fisik dan mental.

Rusli menjelaskan, setelah pemusatan latihan Montpeiller, tim angkat besi akan menuju ke kawasan athletes village pada 4 Agustus atau tiga hari menjelang perlombaan pertama.

Angkat besi merupakan salah salah satu cabang olahraga andalan Indonesia dalam perjuangan menyabet medali emas pada ajang kompetisi olahraga tertinggi dunia di Paris.

Prestasi gemilang kerap dibukukan lifter Eko Yuli Irawan melalui perolehan medali perak dan perunggu dalam empat kali ajang Olimpiade yang diikuti.

Olimpiade Paris merupakan ajang kelima bagi Eko, sementara bagi Rizki Juniansyah merupakan debutnya. Untuk Nurul Akmal, ini kali kedua dia tampil setelah sebelumnya turun di Olimpiade Tokyo 2020.

Rusli berharap melalui berbagai persiapan yang dijalani, para lifter dapat menampilkan semua kemampuan terbaik mereka untuk bisa meraih prestasi yang membanggakan bagi Indonesia di kancah dunia.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement