Senin 05 Aug 2024 17:06 WIB

AS Terancam Resesi, Pasar Modal Global Ambrol, Indonesia Kudu Ngapain?

Airlangga waspadai risiko yang dihadapi RI jika ekonomi AS resesi.

Rep: Eva Rianti/ Red: Lida Puspaningtyas
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.
Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat P
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mewaspadai risiko yang akan dihadapi Indonesia apabila Amerika Serikat (AS) mengalami resesi ekonomi.

Ia menilai resesi ekonomi di AS dapat memicu keluarnya aliran modal dari pasar domestik Indonesia ke AS alias capital flight. Hal tersebut juga menimbang tingkat suku bunga domestik yang masih lebih tinggi dari laju inflasi, saat ini Bank Indonesia (BI) masih mempertahankan suku bunga di level 6,25 persen.

Baca Juga

“Kemudian yang terkait dengan AS, tentu kita terus monitor. Karena tentu kalau kita lihat tingkat suku bunga kita dibandingkan inflasi gap-nya agak tinggi," kata Airlangga saat konferensi pers terkait pertumbuhan ekonomi Q2-2024 di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (5/8/2024).

Airlangga berharap Bank Sentral AS atau The Fed akan menurunkan suku bunga acuan pada kuartal IV tahun ini.

“Tentu kita berharap bahwa tingkat suku bunga AS di kuartal IV bisa turun walaupun belum ada yang menjamin," ujarnya.

Adapun The Fed pada Rabu (31/7) mempertahankan suku bunga pada level tertinggi dalam 22 tahun, yaitu 5,25 persen hingga 5,5 persen, seiring inflasi semakin mereda, menunjukkan bahwa penurunan suku bunga kemungkinan akan terjadi paling cepat pada September.

"Inflasi telah mereda selama setahun terakhir tetapi masih terbilang tinggi. Dalam beberapa bulan terakhir, ada beberapa kemajuan lanjutan menuju target inflasi 2 persen yang dicanangkan Komite," sebut Komite Pasar Terbuka Federal (Federal Open Market Committee/FOMC), badan pembuat kebijakan The Fed, dalam pernyataannya.

Terkait pernyataan The Fed, diksi yang digunakan mencerminkan peningkatan dibandingkan dengan pertemuan pada Juni lalu. Sebelumnya, pernyataan kebijakan hanya menyebutkan "sedikit kemajuan lanjutan" dalam mengurangi tekanan harga.

Komite tersebut menegaskan pihaknya tidak memperkirakan bahwa situasi akan kondusif untuk menurunkan kisaran target sampai mereka merasakan keyakinan yang lebih besar bahwa inflasi bergerak secara berkelanjutan ke angka 2 persen.

Kondisi ekonomi Amerika ini membuat sejumlah indikator keuangan merosot dan meresahkan. Indeks saham Dow Jones, hingga Wall Street yang memerah membuat sejumlah indeks juga mengalami pelemahan.

Indeks saham acuan Nikkei 225 Jepang anjlok sebanyak 7,1 persen pada Senin pagi terpantau memperpanjang aksi jual yang dimulai minggu lalu.

Nikkei merosot lebih dari 2.500 poin. Pada saat istirahat tengah hari pasar Tokyo, indeks turun sekitar 5,5 persen, atau sekitar 1.900 poin menuju level 33,945.43. Indeks TOPIX pasar yang lebih luas turun sebanyak 7,8 persen, sebelum pulih dan diperdagangkan turun 6,6 persen.

Saham-saham anjlok pada hari Jumat di tengah kekhawatiran ekonomi AS akan terpuruk akibat beban suku bunga tinggi yang dimaksudkan untuk mengendalikan inflasi. Senin pagi, masa depan S&P 500 turun 1,4 persen dan Dow Jones Industrial Average turun 1,5 persen.

“Sederhananya, lonjakan volatilitas adalah tontonan yang menggarisbawahi betapa gelisahnya pasar saat ini. Pertanyaan sesungguhnya kini muncul: dapatkah pasar secara refleks menjual volatilitas atau membeli ketika pasar melemah mengatasi kecemasan mendalam yang disebabkan oleh ketakutan akan resesi yang tiba-tiba dan tajam ini?” kata Stephen Innes dari SPI Asset Management, dikutip dari AP News, Senin (5/8/2024).

Sebuah laporan yang menunjukkan perekrutan tenaga kerja di AS melambat pada bulan lalu lebih dari yang diperkirakan telah mengguncang pasar keuangan, menghilangkan euforia yang telah membawa Nikkei ke level tertinggi sepanjang masa di atas 42.000 dalam beberapa pekan terakhir.

“Investor akan mengamati data sektor jasa AS dari Institut Manajemen Pasokan AS yang akan dirilis Senin nanti, yang dapat membantu menentukan apakah aksi jual di seluruh dunia merupakan reaksi berlebihan,” kata Yeap Jun Rong dalam sebuah laporan.

Di tempat lain di Asia, Taiex Taiwan mengalami penurunan terbesar, tenggelam 7,4 persen. Pasar kelas berat dan pembuat chip komputer Taiwan Semiconductor Manufacturing Co kehilangan 5,3 persen.

Indeks Hang Seng Hong Kong kehilangan 2,1 persen menjadi 16,945.51 dan S&P/ASX 200 di Australia turun 1,3 persen menjadi 7,725.40. Kospi Korea Selatan turun 3,4 persen menjadi 2,570.64.

Pada hari Jumat, S&P 500 merosot 1,8 persen untuk penurunan berturut-turut pertama setidaknya 1 persen sejak April. Dow Jones Industrial Average turun 610 poin, atau 1,5 persen, dan komposit Nasdaq turun 2,4 persen karena penurunan saham di seluruh dunia dan kembali ke Wall Street.

Kerugian pada saham-saham teknologi pada Jumat menyeret komposit Nasdaq 10 persen di bawah rekor yang dicapai bulan lalu. Tingkat penurunan inilah yang disebut oleh para pedagang sebagai sebuah koreksi.

Kemerosotan ini dimulai hanya beberapa hari setelah indeks saham AS melonjak ke hari terbaiknya dalam beberapa bulan, setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell memberikan indikasi paling jelas bahwa inflasi telah cukup melambat sehingga pemotongan suku bunga dapat dimulai pada bulan September.

Kini, kekhawatiran meningkat bahwa The Fed mungkin terlalu lama mempertahankan suku bunga utamanya pada level tertinggi dalam dua dekade, sehingga meningkatkan risiko resesi di negara dengan perekonomian terbesar di dunia tersebut.

Pemotongan suku bunga akan memudahkan rumah tangga dan perusahaan AS untuk meminjam uang dan meningkatkan perekonomian, namun dibutuhkan waktu berbulan-bulan hingga satu tahun agar dampaknya dapat tersaring sepenuhnya.

“Secara khusus, skenario peningkatan pengangguran yang membatasi pengeluaran dan semakin membatasi perekrutan dan pendapatan serta aktivitas ekonomi yang mengarah ke resesi adalah skenario yang dikhawatirkan di sini,” kata Tan Boon Heng dari Mizuho Bank di Singapura dalam sebuah laporan.

Kekhawatiran terhadap melemahnya perekonomian AS dan pasar yang bergejolak telah terjadi di seluruh dunia, meskipun perekonomian AS masih bertumbuh, dan resesi masih jauh dari pasti.

Nikkei 225 turun 5,8 persen pada hari Jumat. Negara ini mengalami kesulitan sejak Bank of Japan menaikkan suku bunga acuannya pada hari Rabu dan sekarang berada pada tingkat yang sama ketika tahun ini dimulai.

Aksi jual pada hari Jumat dan Senin termasuk yang terburuk bagi indeks ini, yang mengalami kekalahan terbesar selama krisis pasar Black Monday pada bulan Oktober 1987.

Kenaikan suku bunga yang moderat, menjadi hanya 0,25 persen dari 0,1 persen, mendorong naiknya nilai yen Jepang terhadap dolar AS, yang dapat merugikan keuntungan bagi eksportir dan melemahkan pertumbuhan pariwisata. Namun kekhawatiran terhadap perekonomian AS tampaknya menjadi faktor terbesar yang mendorong investor membuang saham.

Senin pagi, dolar diperdagangkan pada 145,50 yen. Nilai tersebut jauh di bawah level di atas 160 yen beberapa minggu lalu.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement