Ahad 18 Aug 2024 19:34 WIB

Putri Thaksin, Paetongtarn Shinawatra Terpilih Jadi PM Termuda Thailand

Raja telah memberikan restu kepada Paetongtarn Shinawatra.

Red: Teguh Firmansyah
Raja Thiiland Vajiralongkorn memberi restu ke PM baru Thailand, Paetongtarn Shinawatra.
Foto: EPA-EFE/ROYAL HOUSEHOLD BUREAU
Raja Thiiland Vajiralongkorn memberi restu ke PM baru Thailand, Paetongtarn Shinawatra.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK - Perdana Menteri Thailand yang baru terpilih, Paetongtarn Shinawatra, pada Ahad (18/8) menerima persetujuan kerajaan untuk secara resmi menjabat sebagai perdana Menteri. Dengan usia yang masih 37 tahun, Paetongtarm menjadi PM termuda Thailand.

Raja Maha Vajiralongkorn memberikan persetujuan kepada Paetongtarn sebagai perdana menteri, dua hari setelah Parlemen memilihnya, seperti dilaporkan Bangkok Post. Persetujuan tersebut dibacakan oleh Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Apat Sukhanand dalam sebuah upacara di Bangkok.

Baca Juga

"Saya akan mendengarkan semua pendapat, agar bersama-sama kita dapat membawa negara maju dengan stabil," kata Paetongtarn yang berlutut dan memberikan penghormatan kepada potret Raja Vajiralongkorn sebelum memberikan pidato singkat.

Menyampaikan terima kasih kepada raja dan perwakilan rakyat yang telah menyetujuinya sebagai perdana menteri, ia mengatakan bahwa sebagai kepala eksekutif, ia akan menjalankan tugasnya "bersama dengan para legislator dengan hati yang terbuka."