Kamis 22 Aug 2024 09:28 WIB

Artis Ramaikan Postingan 'Peringatan Darurat', Ada El Rumi Hingga Raditya Dika

Beberapa artis cukup vokal menyampaikan kritik lewat unggahan 'Peringatan Darurat'

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Peringatan Darurat di menggema di medsos. Banyak artis yang ikut mengunggah gambar tersebut.
Foto: Tangkapan Layar
Peringatan Darurat di menggema di medsos. Banyak artis yang ikut mengunggah gambar tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah selebritas Indonesia mengunggah gambar Garuda Pancasila dengan latar biru dan bertuliskan “Peringatan Darurat” di media sosial mereka. Aksi ini menggema di media sosial setelah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dianggap "mengabaikan" putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal syarat pencalonan pemilihan kepala daerah 2024.

Para public figure yang turut mengawal putusan MK dan mengunggah Peringatan Darurat tersebut antara lain:

Baca Juga

1. Joko Anwar

Dalam unggahannya di Instagram, sutradara Joko Anwar mengunggah foto Garuda dengan pesan “Peringatan Darurat” di Instagram pribadinya. Ia juga membagikan ulang postingan @whatisupindonesia untuk menjelaskan mengapa peringatan darurat itu menggema di media sosial.

2. Raditya Dika

Komika sekaligus YouTuber, Raditya Dika, dikenal cukup hati-hati dalam mengeluarkan pernyataan politik di media sosial. Namun kini, Raditya Dika tampak ikut mengunggah gambar peringatan darurat tersebut. Banyak warganet menilai bahwa ini tandanya demokrasi benar-benar sedang krisis.

3. Ernest Prakasa

Sutradara Ernest Prakasa dikenal cukup vokal dalam membuat pernyataan kritis di media sosialnya. Kini, ia pun aktif mengunggah dukungan terhadap putusan MK soal pencalonan Pilkada 2024, dan menggaungkan pesan Peringatan Darurat kepada para pengikutnya.

Ia turut menyentil beberapa influencer yang kerap menerima tawaran job untuk mendukung rezim. “Para influencer papan atas yang masih juga menerima job untuk memecah belah gerakan rakyat ini, tolonglah. Kalian sudah berkecukupan, jangan sabotase perjuangan,” kata Ernest.

4. El Rumi

Anak kedua Ahmad Dhani dan Maia Estianty, El Rumi, turut menggaungkan pesan darurat ini kepada 5,8 juta pengikutnya di Instagram. Ia menuding, upaya penjegalan putusan MK soal pencalonan Pilkada 2024 termasuk tindakan kriminal.

“Ini namanya kriminalitas. Bukan politik. Bukan taktik. Itu namanya demokrasi kriminal,” kata El Rumi seperti dikutip Kamis (22/8/2024).

5. Angga Yunanda

Aktor Angga Yunanda juga turut membagikan pesan darurat tersebut di Instagram Stories-nya.

6. Angga Dwimas Sasongko

Sutradara film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, Dwimas Sasongko, juga turut mengunggah pesan darurat di Instagramnya @anggasasongko. “Don't be on the wrong side of history (Jangan berada di sisi yang salah dari sejarah-Redaksi),” tulis Angga dalam caption-nya.

7. Happy Salma

Aktris sekaligus produser Happy Salma juga membagikan gambar Garuda berlatar biru dengan pesan “Peringatan Darurat”.

Seperti diberitakan sebelumnya, peringatan darurat ini menggema setelah putusan MK soal pencalonan Pilkada yang dianggap angin segar bagi demokrasi, direvisi melalui persetujuan revisi Undang-undang Pilkada yang berlangsung sangat singkat di Badan Legislasi DPR.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement