Rabu 04 Sep 2024 14:46 WIB

Instrumen Investasi Ini Ajak Investor Milenial untuk Peduli Lingkungan

Ria menyebut hal ini juga sejalan dengan dominasi investor milenial dan Gen Z.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Investasi hijau (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Investasi hijau (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manajer investasi, Insight Investments Management (Insight Investments), meluncurkan aplikasi Reksa Dana Online (RDO) InvestasiIN. Direktur Insight Investments Management Ria M. Warganda mengatakan aplikasi ini merupakan inovasi yang memungkinkan investor tidak hanya berinvestasi, tetapi juga berkontribusi pada program peduli di setiap reksa dana yang dimiliki investor.

"Kami sangat antusias meluncurkan aplikasi InvestasiIN ini, yang kami rancang menjawab dua tren terkini, yakni tren meningkatnya jumlah investor reksa dana, termasuk dari kalangan milenial dan Generasi Z, serta tren meningkatnya kepedulian generasi muda terhadap isu-isu sosial dan lingkungan," ujar Ria dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Baca Juga

Dengan fitur yang memungkinkan pemilihan reksa dana berdasarkan kontribusi sosial, Ria berharap dapat memberikan kesempatan kepada investor untuk berinvestasi secara bermakna. Menurut data dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), ucap Ria, jumlah investor di pasar modal Indonesia per Januari 2024, mencapai 12,3 juta investor.

"Yang menarik, hampir 80 persen investor ini berasal dari generasi muda di bawah usia 40 tahun, yakni generasi Milenial dan Generasi Z," ucap Ria.

Ria menyebut hal ini juga sejalan dengan dominasi investor milenial dan Generasi Z pada produk Reksa Dana Insight Investments. Porsi angka dua generasi ini mencapai 70 persen atau terbanyak jika dibandingkan dengan beberapa kelompok usia lainnya

Ria menyampaikan generasi muda juga menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap isu-isu sosial dan lingkungan. Menurut data terbaru dari Indonesia Gen Z Report 2024 oleh IDN Times Generasi Z di Indonesia semakin menyadari pentingnya menjaga lingkungan.

"Sebanyak 92 persen dari mereka percaya bahwa pemerintah dan perusahaan harus mengambil langkah konkret untuk mengatasi perubahan iklim, dan 82 persen menyatakan kesediaan untuk membayar lebih untuk produk atau layanan yang ramah lingkungan," sambung Ria.

Selain itu, lanjut Ria, Generasi Z menunjukkan perubahan nyata dalam gaya hidup dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, meningkatkan penggunaan transportasi umum, dan beralih ke energi yang lebih efisien. Ria menjelaskan aplikasi InvestasiIN menawarkan berbagai keunggulan yang dirancang untuk memudahkan investor, termasuk generasi muda, dalam mengelola investasi.

"Aplikasi ini akan menyediakan beragam pilihan reksa dana, termasuk reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, dan reksa dana terproteksi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi investasi," ucap Ria.

Ria menyampaikan salah satu fitur uniknya adalah integrasi dengan Program Peduli, yang memungkinkan investor memilih produk reksa dana berdasarkan tema yang mereka dukung, seperti pemberdayaan masyarakat, pendidikan dan budaya, sosial kemanusiaan, kesehatan, sosial keagamaan, serta lingkungan dan energi terbarukan. Dengan begitu, investor dapat berinvestasi sambil memberikan dampak positif pada masyarakat.

"Fitur-fitur di InvestasiIN memberikan pengalaman investasi yang komprehensif dan bermakna. Kami ingin para investor, terutama dari kalangan muda, dapat membuat keputusan investasi yang tidak hanya menguntungkan secara finansial tetapi juga membawa dampak positif bagi masyarakat," kata Ria.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement