Jumat 13 Sep 2024 14:00 WIB

Komitmen dari Mojokerto, Alumni Al-Azhar Mesir Siap Sinergi Bangun Ketahanan Sosial

Alumni Al-Azhar Mesir memainkan peranan strategis di berbagai bidang.

Red: Erdy Nasrul
Tokoh yang menghadiri pertemuan alumni Al Azhar Mesir di Mojokerto Jawa Timur.
Tokoh yang menghadiri pertemuan alumni Al Azhar Mesir di Mojokerto Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komitmen dari Pacet bakal lahir dari Multaqa Organisasi Internasional Alumni Al Azhar Kairo (OIAA), untuk lebih berperan dalam menghadapi kondisi politik, geopolitik, serta kondisi sosial ekonomi, yang mengalami banyak perubahan di banyak negara. Termasuk di Asia Tenggara.

“Pertemuan akbar Multaqa Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) VIII pada 13 hingga 15 September 2024 ini, diselenggarakan dalam skala internasional. Kita harapkan komitmen dari Pacet Mojokerto ini, bukan sekedar gaungnya yang akan mendunia. Tetapi juga membawa pengaruh bagi kita dan umat sejagad. Karena acara ini diikuti oleh alumni Al Azhar dari Indonesia, Asia Tenggara, hingga Bangladesh, dengan narasumber tokoh nasional dan dari Al Azhar Mesir,” jelas KH Asep Saifuddin Chalim, pendiri dan pengasuh PP Amanatul Ummah selaku tuan rumah utama acara ini, di Pacet, Mojokerto, Jumat (13/9/2024).

Baca Juga

Itu sebab, sebagai tuan rumah utama, KH Asep mengundang banyak pembicara dari dalam dan luar negeri, dalam acara penting ini. Presiden Terpilih H. Prabowo Subianto sebagai pembicara utama nasional Multaqa OIAA ini. Sedangkan pembicara internasionalnya adalah dari Al Azhar Kairo Mesir yakni Rektor Universitas Al-Azhar Mesir Prof. Dr. Salama Dawood, serta Ketua OIAA Pusat Prof. Dr. Abbas Shouman.

“Azhari (sebutan untuk alumni Al-Azhar-red) harus bisa menjelma menjadi manusia berdaya saing dalam masyarakat baik di bidang keilmuan ataupun kemandirian dan politik kebangsaan seperti para ulama, agar semakin unggul dan kompetitif. Sekaligus menjadi tokoh pelopor kemajuan Asia Tenggara pada umumnya,” ungkap KH Asep Saifuddin Chalim, yang juga Guru Besar bidang sosiologi di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Jawa Timur.