Sabtu 21 Sep 2024 08:12 WIB

Guru Madrasah di Ciparay Dapat Pelatihan Peningkatkan Literasi Quran dan Karakter Siswa

Pelatihan bagi guru madrasah bertujuan meningkatkan kompetensi guru madrasah

Red: Arie Lukihardianti
Pelatihan guru madrasah
Foto: Dok Republika
Pelatihan guru madrasah

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG-- Universitas Islam Bandung (Unisba) turut mengembangkan dunia pendidikan di Desa Gunung Leutik, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung. Yakni, melalui kegiatan pengabdian masyarakat, Unisba menyelenggarakan pelatihan bagi guru madrasah dengan tujuan meningkatkan kompetensi mereka dalam berbagai aspek, mulai dari pengelolaan keuangan hingga metode pengajaran yang efektif..

Pelatihan yang bertajuk “Pelatihan Bina Kompetensi Guru Madrasah untuk Penguatan Literasi Qur’an dan Karakter Siswa” ini diikuti oleh 30 guru madrasah yang tergabung dalam Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Desa Ciparay. Kegiatan ini difokuskan pada tiga hal utama: transformasi digital, inovasi metode pembelajaran, dan penguatan karakter siswa.

Baca Juga

Berdasarkan analisis terhadap kebutuhan di lapangan, pelatihan ini dirancang untuk menjawab sejumlah tantangan yang dihadapi oleh guru madrasah di Desa Gunung Leutik. Koordinator Desa Gunung Leutik mengatakan, sebelumnya DTA Gunung Leutik menghadapi sejumlah kekurangan dalam hal pengajaran dan sistem pendidikan. "Oleh karena itu, pelatihan ini sangat membantu dan memotivasi kami untuk menjadi lebih bersemangat serta lebih terbuka terhadap hal-hal yang sebelumnya belum kami ketahui," ujar Ketua Tim PKM, Dr Nadri Taja, MPd dalam keterangan resminya, Jumat (20/9/2024).

Dalam pelatihan ini, kata dia, para peserta diberikan materi yang sangat bermanfaat, seperti penguatan karakter siswa, metode imla, metode bil hikmah, ngaji AI, peningkatan literasi keuangan, dan pelatihan pencatatan keuangan sederhana. Materi-materi tersebut disampaikan oleh para narasumber yang kompeten di bidangnya.