Rabu 02 Oct 2024 05:56 WIB

Arsenal Kalahkan PSG 2-0, Kai Havertz Cetak Gol Lagi

Kai Havertz selalu mencetak dalam tiga pertandingan terakhir Arsenal.

Red: Israr Itah
Para pemain Arsenal merayakan gol yang dicetak Bukayo Saka ke gawang PSG dalam pertandingan Liga Champions di Stadion Emirates, London, Rabu (2/10/2024) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/DANIEL HAMBURY
Para pemain Arsenal merayakan gol yang dicetak Bukayo Saka ke gawang PSG dalam pertandingan Liga Champions di Stadion Emirates, London, Rabu (2/10/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kai Havertz mempertahankan awal musim yang mengesankan bersama timnya dengan mencetak gol pembuka dalam kemenangan kandang 2-0 atas Paris Saint-Germain di Stadion Emirates, London, Rabu (2/10/2024) dini hari WIB. Havertz selalu mencetak dalam tiga pertandingan terakhir Arsenal.

Gol kali membuatnya terpilih sebagai man of the match, sekaligus membantu Arsenal meraih kemenangan pertama pada babak penyisihan Liga Champions setelah pada matchday pertama ditahan Atalanta tanpa gol.

Baca Juga

Tim asuhan Mikel Arteta dituntut untuk meraih kemenangan kandang melawan semifinalis tahun lalu dan mereka berhasil melakukannya. Penyerang Jerman, Havertz, membawa timnya unggul setelah 20 menit dengan gol kelimanya musim ini. Berselang 15 menit kemudian, tendangan bebas Bukayo Saka berhasil menjebol gawang PSG dan membuat tuan rumah memegang kendali penuh.

PSG, yang memenangkan pertandingan pembuka mereka melawan Girona, membentur tiang gawang di setiap babak. Les Rouge et Bleus bermain dengan lebih bersemangat setelah turun minum, tapi hanya bisa menyesali hasil akhir pertandingan.

Kemenangan ini membawa Arsenal masuk ke delapan besar fase grup liga baru yang berisikan 36 tim dengan pertandingan berikutnya di kandang Shakhtar Donetsk setelah jeda internasional. PSG akan berusaha untuk bangkit kembali di pertandingan berikutnya di kandang PSV Eindhoven.

Kepercayaan diri yang sedang menyelimuti Arsenal saat ini membuat mereka tidak merasa takut menghadapi pertandingan kandang melawan tim berpengalaman Eropa yang dilatih oleh Luis Enrique.

The Gunners hampir saja mengawali laga dengan cara yang sempurna saat tendangan jarak jauh dari penjaga gawang David Raya melenceng di atas lapangan yang basah dan Gabriel Martinelli hampir saja menyarangkan bola melewati Gianluigi Donnarumma.

Arsenal memimpin pada menit ke-20 saat Leandro Trossard terlalu banyak dibiarkan berada di sisi kiri. Bola yang dilambungkannya dengan sempurna untuk Havertz yang menyundul bola melewati Donnarumma yang sudah tidak berada di posisinya ke dalam gawang yang kosong.

Nuno Mendes melepaskan tendangan kaki kiri yang membentur tiang gawang saat PSG merespons. Namun Arsenal segera menggandakan keunggulan mereka.

Gol dari Havertz memperpanjang catatan PSG tanpa clean sheet di laga tandang di Liga Champions menjadi 20 pertandingan - sebuah rentetan yang menyedihkan sejak empat tahun lalu.

Dan cara mereka kebobolan lagi pada menit ke-35 juga aneh. Saka melepaskan tendangan bebas melengkung dari sisi kanan ke dalam kotak penalti yang penuh sesak. Bola berhasil mengelabui semua orang dan menggetarkan jala, sehingga membuat Donnarumma hanya bisa memungutnya dari gawangnya.

Harapan PSG untuk bangkit di babak kedua hampir tidak terbantu oleh keputusan Luis Enrique untuk tidak memasukkan sang penyerang, Ousmane Dembele, ke dalam tim karena alasan kedisiplinan.

Justru Arsenal yang terlihat akan memperbesar keunggulan mereka dengan tendangan voli Martinelli yang dapat diselamatkan dengan baik oleh Donnarumma dan sundulan Havertz yang masih dapat ditepis oleh sang penjaga gawang.

Tingkat energi Arsenal mulai menurun dan Arteta memasukkan pemain baru, Mikel Merino, sebagai pemain pengganti, yang merupakan penampilan pertamanya untuk klub barunya.

PSG menekan dengan keras di menit-menit akhir dan sontekan jarak dekat Joao Neves dari tendangan sudut masih membentur mistar gawang Raya. Sang kiper beberapa saat kemudian berhasil memblok tendangan Lee Kang-in. Namun Arsenal mampu mengendalikan permainan dengan baik saat mereka mengirimkan pernyataan saat bermain di kompetisi terelite Eropa ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Arsenal (@arsenal)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement