Kamis 03 Oct 2024 11:30 WIB

Fakta Menarik Film Joker: Folie à Deux yang Sudah Tayang di Bioskop

Folie à Deux frasa dalam bahasa Prancis yang artinya kegilaan bersama.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Joker: Folie a Deux. Ada beberapa fakta dan informasi terkait film Joker 2.
Foto: Dok. Warner Bros
Salah satu adegan di film Joker: Folie a Deux. Ada beberapa fakta dan informasi terkait film Joker 2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Film Joker: Folie a Deux alias Joker 2 menyemarakkan bioskop-bioskop di berbagai negara, termasuk Indonesia. Sekuel Joker ini akan dibintangi Joaquin Phoenix yang kembali memerankan Arthur Fleck. Kali ini, ia akan beradu peran dengan Lady Gaga akan memulai debutnya di DC sebagai Harley Quinn.

Berikut beberapa fakta dan informasi terkait film Joker 2 seperti dilansir Digital Spy, Kamis (3/10/2024):

Baca Juga

1. Makna Folie a Deux

Folie à Deux adalah frasa dalam bahasa Prancis yang berarti “kegilaan bersama”. Ini juga merujuk pada psikosis bersama atau gangguan mental delusi yang dialami oleh dua orang yang memiliki ikatan erat.

Dari judul ini, kita bisa memprediksi bahwa jiwa Arthur Fleck tampaknya akan mengalami pergulatan mental yang mengguncang. Tentunya, kehadiran karakter Harley Quinn akan membuat Arthur akan berbagi kegilaan bersamanya.

2. Waktu syuting

Sekuel ini mulai syuting pada Desember 2023, di mana sutradara Todd Phillips sempat membagikan tampilan pertama Phoenix sebagai Joker. Selesai pada April 2023, Phillips juga membagikan tampilan lain dari Lady Gaga dalam film tersebut.

“Terima kasih kepada kalian berdua (+seluruh pemeran) dan kru terbaik yang ada di industri film ini. Saya akan menuju ke dalam gua sekarang (ruang edit) dan menggabungkan semuanya,” kata Phillips saat menyampaikan bahwa syuting telah rampung.

3. Pemain

Joaquin Phoenix tentu saja kembali berperan sebagai Arthur Fleck alias Joker, dan Lady Gaga telah bergabung dalam sekuel ini sebagai Harley Quinn. Gaga adalah Harley Quinn kedua di dunia DC setelah Margot Robbie, tapi perlu diingat bahwa Joker mengambil latar waktu yang terpisah dari film DC lainnya seperti Suicide Squad.

Film ini juga akan menampilkan Harry Lawley, Jacob Lofland, dan Brendan Gleeson. Zazie Beetz akan kembali sebagai Sophia, namun keterlibatan Douglas Hodge dan Dante Pereira-Olson masih belum dikonfirmasi.

4. Musik jadi unsur penting

Dalam film ini, Arthur tidak hanya akan bergulat dengan identitas gandanya, namun juga akan menemukan cinta sejati dan musik dalam dirinya. Meskipun film ini disebut-sebut sebagai film musikal, namun Phillips maupun Gaga menekankan bahwa Joker 2 tidak akan sepenuhnya musikal.

“Kami tidak pernah benar-benar membicarakannya seperti itu, tapi saya suka mengatakan bahwa ini adalah film di mana musik adalah elemen penting. Bagi saya, hal itu tidak terlalu jauh berbeda dengan film pertama,” kata Phillis dalam panel CinemaCon beberapa waktu lalu.

5. Plot

Film ini akan menceritakan Arthur Fleck yang menjadi tersangka kasus pembunuhan pembawa acara talkshow. Arthur ditahan di Arkham, penjara yang memiliki fasilitas psikiatri. Sembari menunggu persidangannya, Arthur yang dikenal sebagai Joker bertemu dengan psikolog bernama Lee Quinzel alias Harley Quinn. Pertemuan itu pada akhirnya menumbuhkan perasaan cinta di antara keduanya. Joker menemukan bakatnya dalam bermain musik, adapun Quinn merasa tidak kesepian setelah bersamanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement