Jumat 18 Oct 2024 16:19 WIB

Akan Ada Pesta Rakyat di Sepanjang Sudirman-Thamrin Saat Pelantikan Presiden

Pesta rakyat akan dimulai sejak pukul 08.00, dan dilakukan tiga sesi.

Prajurit TNI mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi  Pengamanan VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Tahun 2024 di lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Jumat (18/10/2024). Operasi pengamanan tersebut dilakukan menjelang masa pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI dari 17-23 Oktober 2024 dengan jumlah personel sebanyak 100 ribu dari TNI dan 15 ribu dari Polri. Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan digelar pada 20 Oktober 2024 di Gedung MPR, Senayan, Jakarta.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Prajurit TNI mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Pengamanan VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Tahun 2024 di lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Jumat (18/10/2024). Operasi pengamanan tersebut dilakukan menjelang masa pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI dari 17-23 Oktober 2024 dengan jumlah personel sebanyak 100 ribu dari TNI dan 15 ribu dari Polri. Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan digelar pada 20 Oktober 2024 di Gedung MPR, Senayan, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Prabowo Subianto dijadwalkan bakal dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia pada Ahad (20/10/2024). Pelantikan itu akan dilakukan di Gedung DPR/MPR pada pukul 10.00 WIB.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah memberikan informasi bahwa kegiatan car free day (CFD) tidak akan dilaksanakan pada momen pelantikan presiden. Namun, akan ada pesta rakyat yang digelar di sepanjang jalur Sudirman-Thamrin pada momen tersebut.

Baca Juga

"Perlu diinformasikan bahwa kegiatan pada tanggal 20 (Oktober), walaupun tidak car free day, di sepanjang jalur Sudirman-Thamrin besok tanggal 20 itu ada kegiatan panggung hiburan. Pesta rakyat," kata dia, Jumat (18/10/2024).

Menurut dia, pesta rakyat itu akan digelar sejak pukul 08.00 WIB. Rencananya, pesta rakyat itu akan terbagi dalam tiga sesi, yaitu pukul 08.00 WIB, pukul 10.00 WIB, dan pukul 14.00 WIB. "Ini mulai jam 08.00 sampai dengan 14.00. Ini sepanjang hari itu akan dilakukan pesta rakyat," kata Latif.

 

Berdasarkan informasi yang dihimpun Republika.co.id, akan ada 14 titik lokasi kegiatan pesta rakyat di sepanjang Jalan Sudirman hingga Jalan Medan Medeka yang diinisiasi oleh BUMN. Sejumlah kegiatan yang akan digelar adalah door prize, hiburan musik, stand makanan rakyat, pameran UMKM, dan bazaar.

Adapun sebaran lokasi kegiatan itu adalah di area FX Sudirman, area Gate 7 GBK, area Kantor Pusat BRI, Intiland, area Stasiun MRT Setiabudi Astra, area Graha BNI Dukuh Atas, area Grand Hyatt Bundaran HI, area setelah Kedutaan Jepang, area Patung Kuda, area depan Museum Nasional, area Patung Kuda, area anjungan Sarinah, area depan Mandarin Oriental Hotel, dan area depan Chillax.

Latif mengimbau masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor untuk berhati-hati. Pasalnya, di sepanjang jalan itu akan digunakan oleh pengunjung yang akan menghadiri melihat pesta rakyat.

Menurut dia, polisi telah menyediakan sejumlah kantong parkir, seperti Parkir Timur Senayan, IRTI, dan beberapa gedung di sepanjang jalur Sudirman-Thamrin. Namun, ia menyarankan agar masyarakat menggunakan transportasi umum apabila hendak hadir dalam pesta rakyat itu.

"Kalau boleh saya mengimbau, orang yang akan hadir ke pesta rakyat tersebut, saya mengimbau menggunakan angkutan umum. Ada MRT, ada Transjakarta, ada LRT, silakan gunakan angkutan-angkutan umum tersebut," kata dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement