Kamis 24 Oct 2024 16:33 WIB

Survei Poltracking: Pasangan Ridwan Kamil-Suswono Berpotensi Menang Satu Putaran

Poltracking menyebut elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono 51,6 persen.

Survei Poltracking Pilkada Jakarta, Paslon Ridwan Kamil Suswono unggul.
Foto: Tangkapan Layar
Survei Poltracking Pilkada Jakarta, Paslon Ridwan Kamil Suswono unggul.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Elektabilitas pasangan Ridwan Kamil-Suswono unggul dalam survei yang digelar oleh Poltracking. Menurut survei teranyar tersebut elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono mencapai 51,6 persen.

Disusul dengan pasangan Pramono-Rano Kano sebesar 36,4 persen, dan terakhir Dharma Pongrekun-Kun Wardana 3,9 persen. Adapun yang tidak tahu atau tidak menjawab yakni sebesar 8,1 persen.

Baca Juga

Dengan peta suara itu, Ridwan Kamil-Suswono sudah melebihi ambang batas satu putaran Pilkada Jakarta yakni di atas 50 persen.

"Jadi selisihnya cukup lumayan, tapi masih ada waktu satu bulan lebih, dinamika politik masih terjadi, tapi melihat data ini dari sisi elektabilitas di Jakarta saat ini akan ada potensi satu putaran," ujar Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yudha dalam keterangan pers, Rabu (24/10/2024).

Sehingga jika Pilkada digelar hari ini, kata Hanta Yudha, maka yang menang adalah pasangan Ridwan Kamil dan Suswono. "Tetapi, karena sangat mepet margin of error, maka putaran satu lebih berat."

Menurut laporan Poltracking, tren elektabiltias pasangan Ridwan Kamil Suswono mengalami kecenderungan naik (4,1 persen). Sedangkan pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto mengalami kecenderungan turun(1,2 persen). Sementara pasangan Pramono Anung-Rano Karno (SiDoel) ada kecenderungan naik (4,9 persen).

Mengacu pada peta sebaran, pasangan Ridwan Kamil-Suswono unggul mayoritas di seluruh wilayah di Jakarta. Hanya Jakarta Timur yang angkanya berada di Bawah 50 persen. Sementara yang tertinggi di Kepulauan Seribu yang mencapai 80 persen

Survei tersebut digelar pada periode 10-16 Oktober dengan mengambil sampel 2.000 responden.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement