Selasa 24 Jun 2025 10:21 WIB

Hello Kitty Masih Jadi Karakter Favorit Gen Z

Pertama kali diciptakan oleh Sanrio pada 1974, Hello Kitty menembus pasar global.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Pengunjung berfoto dengan cangkir besar bergambar Hello Kitty. Hello Kitty menempati posisi pertama sebagai karakter favorit Gen Z selama paruh pertama 2025.
Foto: AP
Pengunjung berfoto dengan cangkir besar bergambar Hello Kitty. Hello Kitty menempati posisi pertama sebagai karakter favorit Gen Z selama paruh pertama 2025.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karakter-karakter Sanrio kembali mencuri perhatian anak-anak muda. Dalam survei terbaru yang dirilis oleh Fasme, situs tren Jepang yang banyak diakses perempuan muda usia 18 hingga 24 tahun, Hello Kitty menempati posisi pertama sebagai karakter favorit Gen Z selama paruh pertama 2025.

Survei bertajuk "The Latest Trends That Gen Z Girls Are Hooked On" ini diumumkan pada 20 Juni 2025 dan mencakup berbagai kategori, mulai dari idola musik hingga tren kecantikan. Di kategori karakter, Hello Kitty mendapat respons paling positif dari responden.

Baca Juga

Pertama kali diciptakan oleh Sanrio pada 1974, Hello Kitty menembus pasar global dan menghiasi berbagai produk mulai dari kaus, topi, hingga tas yang dijual di lebih dari 130 negara. Selain itu, Hello Kitty juga menjadi ikon multimedia melalui buku, komik, anime, dan video game.

Peringatan 50 tahun karakter ini, yang dirayakan melalui berbagai acara dan peluncuran produk eksklusif, disebut sebagai salah satu alasan mengapa sosok kucing ikonik ini kembali digemari oleh generasi Z. Koresponden juga menilai Hello Kitty sebagai favorit abadi yang popularitasnya akan tetap kuat, demikian seperti dilansir laman CBR, Selasa (24/6/2025).

Di posisi kedua ada Kuromi, karakter yang dikenal sebagai versi lebih gelap dari My Melody. Dengan topi badut hitam dan simbol tengkorak berwarna merah muda, Kuromi mendapatkan tempat di kalangan anak muda berkat tampilannya yang mencolok dan espresif. Gaya makeup dan fashion bertema Kuromi juga tengah populer di media sosial, menjadikannya sebagai simbol gaya yang lebih berani.

Pochacco, karakter anjing putih dengan telinga hitam yang pertama kali diperkenalkan pada 1989, menempati peringkat ketiga. la digambarkan sebagai karakter dengan ekspresi lembut dan gaya yang sederhana. Bagi banyak penggemar, Pochacco dikategorikan sebagai yurukawa atau karakter dengan ekspresi wajah lembut.

Sementara itu, tahun 2025 diprediksi menjadi masa gemilang bagi penggemar Sanrio. Selain merayakan ulang tahun Hello Kitty ke-50 dengan rangkaian produk spesial, perusahaan ini juga menggandeng Swarovski dan Crocs untuk meluncurkan sepatu baru dan aksesoris berhiaskan kristal yang terinspirasi dari Hello Kitty, My Melody, dan Kuromi. Selain itu, lini perlengkapan musim panas seperti tumbler dan tas pendingin turut dirilis untuk menjangkau pasar gaya hidup yang lebih luas.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement