Selasa 17 Jul 2018 15:08 WIB

Hobi Matematika? Yuk Ikut Australian Mathematics Competition

Tak perlu ke Australia untuk ikut Australian Mathematics Competition.

Matematika (Ilustrasi)
Foto: clare.cam.ac.uk
Matematika (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi para pelajar yang memiliki hobi matematika, apalagi terbiasa mengulik soal-soal unik dan menantang, tak ada salahnya coba ikuti kompetisi yang satu ini. Gelaran berskala internasional yang bertajuk Australian Mathematics Competition (AMC) ke-41 siap menyapa para pelajar Indonesia secara serentak pada 9 Agustus 2018 mendatang.

Australian Mathematics Competition (AMC) merupakan kompetisi matematika berskala internasional yang diselenggarakan Australian Mathematics Trust sejak 1978. Kompetisi ini dapat diikuti oleh pelajar kelas 3 SD-12 SMA.

photo
Australian Mathematics Competition

Di Indonesia, pelaksanaan AMC menggandeng Klinik Pendidikan MIPA (KPM) sebagai penyelenggara tunggal. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri karena para pelajar Indonesia tak perlu jauh-jauh ke Australia (luar negeri) untuk mencicipi soal unik tersebut.

Soal-soal yg disajikan di AMC dikatakan unik karena membutuhkan keterampilan dalam bernalar untuk dapat menemukan solusinya. Setiap peserta AMC juga mendapatkan hasil analisis kemampuan matematikanya setelah mengikuti kompetisi. Analisis ini berdasarkan tipe soal yg disajikan dalam AMC.

Kepala Divisi Lomba KPM Muchammad Fachri mengungkapkan pentingnya kompetisi ini bagi pelajar. “Berdasarkan pengalaman sebelumnya, kompetisi ini selalu ramai digandrungi ribuan pelajar dari berbagai wilayah di Indonesia dan telah melahirkan pelajar berprestasi. Selain itu, soal yang unik dan lokasi yang mudah dijangkau menjadi daya tarik tersendiri bagi orang tua dan peserta,” ujar Fachri.

Fachri menambahkan, masih ada manfaat lain yang akan didapatkan peserta. “Mengingat levelnya internasional, setiap peserta terbaik akan mendapatkan sertifikat bertaraf internasional dan akan disediakan soal tes yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Lalu, bagaimana caranya jika para pelajar Indonesia ingin mengikuti AMC? Tim kontributor berkesempatan bertemu tim lomba KPM yang bernama Ibu Ninna saat menyambangi kantor Klinik Pendidikan MIPA (KPM) yang berjarak 7 KM dari pusat Kota Bogor, tepatnya di Pagelaran, Ciomas-Kab Bogor.

Ibu Ninna mengatakan bahwa pendaftaran AMC tahun ini sudah dibuka sejak Januari 2018. Awal Januari 2018 sudah dibuka. Jumlah pesertanya pun semakin hari terus bertambah seiring menjelang penutupan pada 26 Juli 2018. KPM juga memberikan kemudahan bagi yang ingin mendaftar lewat daring dengan membuka tautan berikut ini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement