Jumat 20 Sep 2019 18:11 WIB

Ratusan Robot Buatan Pelajar Bertanding di Asean Robotic Day

Tak hanya diikuti pelajar Indonesia, peserta juga berasal dari Filipina dan Malaysia.

Red: Nora Azizah
Robot. Ilustrasi
Foto: Dailymail
Robot. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ratusan robot karya para pelajar dari seluruh Indonesia dan juga luar negeri saling beradu untuk menjadi pemenang dalam ASEAN Robotic Day 2019 yang digelar di SMAN 28 Jakarta. Dua negara tetangga, yakni Filipinda dan Malaysia juga turur berpartisipasi.

"Peserta dari Filipina mengikuti tiga mata lomba mulai dariAmphibious Solar Vehicle (ASV), maze solving dan juga soccer. Peserta dari Malaysia mengikuti berbagai lomba, dari sumo hingga ASV junior," kata Ketua Panitia ASEAN Robotic Day 2019, Muhammad Syahravi Hatta di SMAN 28 Jakarta, Jumat (20/9).

Baca Juga

Lomba tersebut, diikuti sekitar 400 peserta. Mereka diantaranya berasal dari sekolah-sekolah di Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan dan wilayah lain di Indonesia, selain juga mengundang peserta dari Filipina dan Malaysia.

Para peserta lomba ajang tersebut membawa robot-robot karya mereka untuk diikutsertakan dalam perlombaan seperti maze solving, sumo, soccer, creative, underwater dan lomba (ASV). Pada lomba maze solving, robot peserta diharuskan untuk mengikuti garis yang terdapat di arena.