Selasa 04 Jun 2013 19:22 WIB

Karangtengah Desa Wisata Terbaik

Rep: Heri Purwata/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Desa Karangtengah, Kecamatan Imogiri, dinobatkan sebagai Desa Wisata terbaik untuk tingkat Kabupaten Bantul, DIY. Karangtengah menjadi terbaik karena memiliki ciri khas unik yakni sutra liar dan kuliner.

Kepala Seksi Kemitraan Usaha Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Bantul, Ni Nyoman Yudiriani, Selasa (4/6) menuturkan ide perlombaan desa wisata ini berawal dari maraknya perlombaan desa wisata di Provinsi.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai pendorong supaya desa wisata di Bantul terus berupaya berinovasi meningkatkan kualitas. "Penilaian yang kita lakukan selama dua pekan. Penilaian meliputi pengamatan kondisi wilayah, tata administrasi, promosi, kepengurusan, kelembagaan dan sebagainya," kata Nyoman.

Hadiah dari perlombaan juara I berupa tropi dan uang pembinaan Rp 1 juta, sedangkan juara ke II, Desa Wisata Krebet mendapatkan Rp 750 ribu dan trophi. "Kami menyeleksi 20 kawasan desa wisata," ujarnya.

Adapun kecamatan terbanyak yang memiliki desa wisata yakni kecamatan Imogiri seperti desa wisata Kebon Agung, Desa Wisata Candran, Desa Wisata Imogiri, Desa Wisata Wukirsari, dan Desa Wisata Makam Raja Pajimatan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِلَّا الَّذِيْنَ يَصِلُوْنَ اِلٰى قَوْمٍۢ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ مِّيْثَاقٌ اَوْ جَاۤءُوْكُمْ حَصِرَتْ صُدُوْرُهُمْ اَنْ يُّقَاتِلُوْكُمْ اَوْ يُقَاتِلُوْا قَوْمَهُمْ ۗ وَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ لَسَلَّطَهُمْ عَلَيْكُمْ فَلَقَاتَلُوْكُمْ ۚ فَاِنِ اعْتَزَلُوْكُمْ فَلَمْ يُقَاتِلُوْكُمْ وَاَلْقَوْا اِلَيْكُمُ السَّلَمَ ۙ فَمَا جَعَلَ اللّٰهُ لَكُمْ عَلَيْهِمْ سَبِيْلًا
kecuali orang-orang yang meminta perlindungan kepada suatu kaum, yang antara kamu dan kaum itu telah ada perjanjian (damai) atau orang yang datang kepadamu sedang hati mereka merasa keberatan untuk memerangi kamu atau memerangi kaumnya. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya diberikan-Nya kekuasaan kepada mereka (dalam) menghadapi kamu, maka pastilah mereka memerangimu. Tetapi jika mereka membiarkan kamu, dan tidak memerangimu serta menawarkan perdamaian kepadamu (menyerah), maka Allah tidak memberi jalan bagimu (untuk menawan dan membunuh) mereka.

(QS. An-Nisa' ayat 90)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement