Ahad 26 Jun 2016 03:56 WIB

Polrestabes Semarang Siapkan Skenario Arus Antisipasi Rob

Red: Hazliansyah
Banjir rob (ilustrasi)
Foto: Antara
Banjir rob (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Satuan Lalu Lintas Polrestabes Semarang menyiapkan antisipasi untuk mengurai jika terjadi kemacetan di sekitar Pantura Semarang, tepatnya di Jalan Kaligawe, akibat limpasan air laut yang masuk ke darat atau rob saat arus mudik Lebaran tahun ini.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Semarang Ajun Komisaris Besar Catur Gatot Effendi di Semarang, Sabtu, mengatakan telah disiapkan skenario untuk mengantisipasi kemungkinan kemacetan di jalur yang menghubungkan Kota Semarang dan Kabupaten Demak itu.

Salah satu antisipasi, kata dia, mengarahkan kendaraan melalui Jalan Wolter Monginsidi dan Jalan Brigjen Sudiarto melalui Mranggen, Demak.

"Jalur alternatif sudah disiapkan, terutama untuk kendaraan kecil," katanya.

Ia menjelaskan kendaraan dari arah Demak akan diarahkan melalui Jalan Wolter Monginsidi kemudian bisa masuk ke Kota Semarang melalui Jalan Brigjen Sudiarto. Adapun kendaraan dari arah barat yang akan menuju Demak diimbau melalui Jalan Brigjen Sudiarto melalui Mranggen.

Namun, kata dia, mengingat jalur yang sempit dan padat, maka yang diimbau melalui jalur tersebut hanya mobil pribadi.

Meski demikian, menurut dia, jika pemudik dari arah barat tetap akan melintasi Jalan Kaligawe saat terjadi rob, maka antisipasi juga telah disiapkan. Truk yang akan melintas di jalur tergenang rob tersebut akan diarahkan melalui lajur sebelah kiri. Sementara untuk kendaraan kecil akan diarahkan melalui lajur kanan.

Selain Jalan Kaligawe, kata dia, antisipasi kecelakaan dan kemacetan juga dilakukan pada Jalan Walisongo di jalur Pantura yang menghubungkan Kabupaten Kendal dan Kota Semarang, serta Jalan Brigjen Sudiarto yang menuju ke Purwodadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement