Rabu 08 Jan 2020 14:39 WIB

BMKG: Cuaca Panas di Padang Berlangsung 3 Hari ke Depan

Selama tiga hari ke depan, menurut BMKG, cuaca panas akan melanda Padang.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Reiny Dwinanda
Cuaca panas diperkirakan akan terjadi selama tiga hari ke depan di Padang, Sumatra Barat. (Ilustrasi)
Foto: ABC
Cuaca panas diperkirakan akan terjadi selama tiga hari ke depan di Padang, Sumatra Barat. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kepala Seksi Obervasi dan Informasi Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padang Pariaman Yudha Nugraha mengatakan, cuaca panas menyengat di Kota Padang akan berlangsung sampai tiga hari ke depan. Yudha menyebut, cuaca panas berada di suhu maksimum yang berkisar antara 32 sampai 33 derajat Celcius.

"Kami melihat cuaca panas akan berlangsung dua sampai tiga hari ke depan," kata Yudha, Rabu (8/1).

Baca Juga

Setelah tiga hari ke depan, menurut Yudha, suhu akan berkurang menjadi 30 sampai 31 derjat Celcius. Dalam kondisi tersebut ada peluang hujan di wilayah pesisir barat dan kawasan Bukit Barisan.

Suhu turun ini, menurut Yudha, akan diawali dengan tumbuhnya awan-awan yang mampu menghalangi radiasi matahari. "Cuaca panas terjadi karena beberapa hari terakhir dipengaruhi oleh fenomena-fenomena atmosfer yang saling terkait antarsatu daerah dengan daerah lainnya," ujar Yudha.

Sekarang ini, menurut Yudha, BMKG melihat terdapat pembentukan tekanan rendah di wilayah Pulau Jawa yang mengakibatkan pertumbuhan awan hujan yang intensif. Tekanan rendah di Pulau Jawa menyebabkan arah angin dan massa udara basah tertarik menuju selatan Pulau Sumatra hingga pulau Jawa.

"Fenomena itulah yang menyebabkan kondisi cuaca cerah berawan di Sumatra Barat," ucap Yudha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement