Rabu 15 Apr 2020 16:44 WIB

PM Australia Minta Guru Kembali Mengajar untuk Anak-Anak

PM Australia menilai anak-anak bisa menjadi korban tak terlihat dari pandemi corona.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
 Perdana Menteri Australia Scott Morrison
Foto: EPA-EFE/Peter Rae
Perdana Menteri Australia Scott Morrison

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Perdana Menteri Australia Scott Morrison memperingatkan bahwa anak-anak dapat menjadi korban tidak terlihat dari pandemi virus corona karena mereka harus terputus dari sekolah. Oleh karena itu, ia meminta para guru kembali mengajar.

"Pada saat ini, ketika bangsa kita melawan virus corona ini, peran Anda menjadi semakin penting. Pendidikan anak-anak kita tergantung pada keseimbangan," kata Morrison dalam sebuah alamat rekaman video yang diposting di halaman Facebook resminya.

Baca Juga

Morrison mulai mendesak para guru untuk kembali ke ruang kelas di seluruh negeri untuk bergabung dengan pahlawan di garis terdepan seperti staf medis dan pekerja supermarket. Dia menekankan bahwa risiko yang akan dihadapi anak-anak dari keluarga yang kurang beruntung karena kehilangan masa pendidikan.

Tingkat infeksi Covid-19 di Australia telah bertahan pada tingkat yang jauh lebih rendah daripada negara-negara lain selama berminggu-minggu. Namun, pemerintah masih mempertahankan aturan jarak sosial yang ketat dengan menutup bisnis dan membatasi orang keluar rumah.

Permohonan pemimpin Australia itu membuka berisiko membuka kembali celah antara pemerintah federal dan berbagai yurisdiksi negara bagian. Pertimbangan anak-anak harus bersekolah tersebut akan menyulitkan ketika sebagian besar negara bagian melakukan isolasi wilayah.

Morrison mengatakan, nasihat kesehatan resmi secara konsisten menganggap risiko bagi anak-anak bersekolah sangat rendah. Namun, beberapa pemimpin negara bagian telah mendesak orang tua untuk menjaga anak-anak di rumah, sementara serikat pekerja telah menyoroti risiko kepada guru. Australia telah melaporkan sekitar 6.400 kasus Covid-19 dan 61 kematian, dengan tingkat peningkatan harian dalam satu digit selama berminggu-minggu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement