Selasa 12 May 2020 19:13 WIB

Kejuaraan Atletik Diamond League London Dibatalkan

Pembatalan akan berpengaruh signifikan pada finansial tim dan olahraga lebih luas.

Red: Endro Yuwanto
Seseorang mengenakan APD berjalan di London, Inggris (12/5). Inggris memasuki pekan ketujuh lockdown untuk mengontrol penyebaran virus corona.
Foto: EPA
Seseorang mengenakan APD berjalan di London, Inggris (12/5). Inggris memasuki pekan ketujuh lockdown untuk mengontrol penyebaran virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kejuaraan atletik Diamond League yang semula akan digelar di London Stadium, Inggris, pada Juli menjadi event atletik teranyar yang dibatalkan akibat pandemi virus corona. UK Athletics telah mengkonfirmasi pembatalan tersebut pada Selasa (12/5).

UK Athletics mengatakan dalam pernyataannya bahwa keputusan tersebut dibuat sehubungan dengan pandemi global yang sedang terjadi. "Keselamatan semua atlet, pelatih, sukarelawan, penonton, dan anggota staf, di Inggris dan luar negeri, menjadi prioritas utama," sebagaimana dikutip Reuters, Selasa.

Lomba tersebut sedianya akan digelar pada 4-5 Juli. Pembatalan tersebut berarti event pertama pada jadwal Diamond League sekarang adalah yang akan diselenggarakan di Monako pada 10 Juli.

Liga tersebut sudah membatalkan lomba di Doha, venue yang belum ditentukan di China, Stockholm, Roma, Rabat, Eugene, Oslo dan Paris, meskipun event atletik alternatif akan digelar di Oslo pada 11 Juni, tanggal yang semula direncanakan untuk liga tersebut. Event lainnya secara resmi ditangguhkan dengan tanggal baru menyusul.

CEO UK Athletics Joanna Coates mengatakan bahwa membatalkan event London akan berpengaruh secara signifikan terhadap finansial UKA dan olahraga yang lebih luas.

"Pendapatan yang kami hasilkan dari event tersebut, melaui tiket, penyiaran, dan sponsorship, membantu mengelola olahraga dan menyediakan layanan tata kelola penting yang kami awasi," kata Coates.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement