Rabu 17 Mar 2021 21:20 WIB

Partai Umat dari Sumbar Siap Ikut Deklarasi

Partai Ummat juga sudah terbentuk di Sumbar dan siap untuk dideklarasikan bulan depan

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andi Nur Aminah
Partai Ummat.
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Partai Ummat.

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Mantan tokoh Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais akan mendeklarasikan berdirinya Partai Ummat pada 29 April 2021 mendatang atau tepatnya pada 17 Ramadhan 1442 H. Person in Charge (PIC) Partai Ummat Provinsi Sumatra Barat Dasril Ilyas mengatakan Partai Ummat juga sudah terbentuk di Sumbar. Mereka siap untuk mengikuti deklarasi bulan depan. "Kita sudah siap untuk ikut deklarasi,” kata Dasril, Rabu (17/3).

Untuk mendirikan Partai Ummat Sumbar, Dasril ditemani mantan anggota DPR-RI asal PAN, Taslim Chaniago. Mereka sudah mendapat mandat dari Amien Rais.

Baca Juga

Dasril menyebut pihaknya sudah melakukan konsolidasi sejak menerima mandat pada Januari 2021 lalu. Ia optimistis Partai Ummat akan mendapat respons positif dari warga Sumbar.

Dasril menambahkan saat ini mereka sudah membentuk Tim Persiapan Pendirian Partai Ummat (TP3U) Provinsi Sumbar. TP3U Sumbar ini akan bertugas melakukan persiapan pelaksanaan deklarasi. Dalam susunan TP3U Sumbar tersebut, Dasril ilyas duduk sebagai pengarah, sementara Taslim sebagai Ketua TP3U. Posisi Sekretaris dijabat Apris dan Bendahara, Sabrana. Struktur TP3U dilengkapi dengan 7 wakil ketua, 3 wakil sekretaris dan 3 wakil bendahara.

Sedangkan nama wakil ketua adalah figur-figur politik Sumbar yang sudah lama eksis. Seperti  Hj Etna Estelina, Gun Sugianto, Amsir, Ki Jal Atri Tanjung, Rekso Wardoyo, Fajril Ale, dan Syahril Amiruddin. Dasril yang merupakan mantan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumbar ini menyebut, Partai Ummat sudah ada di 18 dari 19 kabupaten kota di Sumatra Barat. Satu-satunya yang belum ada yakni di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"TP3U Sumbar akan ikut deklarasi secara virtual, begitu juga dengan TP3U kabupaten dan kota di sekretariat masing-masing bersama tim kecamatan," ucap Dasril.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement