Ahad 06 Feb 2022 13:15 WIB

Laporan AS: Rusia Siapkan 70 Persen Militer untuk Lawan Ukraina  

Rusia dilaporkan bertekad bulat untuk melakukan invansi terhadap Ukraina

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nashih Nashrullah
 Tentara Ukraina berjalan selama pelatihan untuk penggunaan rudal M141 Bunker Defeat Munition (SMAW-D) AS di tempat pelatihan militer Yavoriv, ??dekat dengan Lviv, Ukraina barat, Jumat, 4 Februari 2022. AS menuduh Kremlin pada hari Kamis. plot rumit untuk mengarang serangan oleh pasukan Ukraina yang dapat digunakan Rusia sebagai dalih untuk mengambil tindakan militer terhadap tetangganya.
Foto: AP/Pavlo Palamarchuk
Tentara Ukraina berjalan selama pelatihan untuk penggunaan rudal M141 Bunker Defeat Munition (SMAW-D) AS di tempat pelatihan militer Yavoriv, ??dekat dengan Lviv, Ukraina barat, Jumat, 4 Februari 2022. AS menuduh Kremlin pada hari Kamis. plot rumit untuk mengarang serangan oleh pasukan Ukraina yang dapat digunakan Rusia sebagai dalih untuk mengambil tindakan militer terhadap tetangganya.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON –  Laporan pejabat Amerika Serikat (AS) menyatakan Rusia telah mengumpulkan setidaknya 70 persen dari senjata militer untuk meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina. Kekuatan itu diperkiraan akan terkumpul pada pertengahan bulan ini. 

Informasi ini didapatkan dari para pejabat yang membahas penilaian internal dari penumpukan Rusia. Mereka membuat sketsa rangkaian indikator yang menunjukkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin berniat melakukan invasi dalam beberapa pekan mendatang, meskipun ukuran dan skalanya tidak jelas. Mereka menekankan bahwa solusi diplomatik tampaknya tetap memungkinkan. 

Baca Juga

Pejabat Amerika Serikat ini melihat dari keputusan latihan kekuatan nuklir strategis Rusia yang biasanya diadakan setiap musim gugur dijadwal ulang untuk pertengahan Februari hingga Maret. Tindakan itu bertepatan dengan kemungkinan untuk invasi. 

Para pejabat tidak memberi kesan bahwa konflik prospektif akan melibatkan penggunaan senjata nuklir, tetapi latihan Rusia kemungkinan melibatkan uji peluncuran rudal jarak jauh tak bersenjata di wilayah Rusia. Uji coba ini dapat digunakan sebagai pesan yang bertujuan untuk menghalangi Barat dari intervensi di Ukraina. 

Pejabat Amerika Serikat telah mengatakan dalam beberapa pekan terakhir bahwa invasi Rusia dapat membanjiri militer Ukraina dengan relatif cepat. Meskipun Moskow mungkin merasa sulit untuk mempertahankan pendudukan dan mengatasi potensi pemberontakan. 

Laporan //New York Times// dan //Washington Post// pada Sabtu mengatakan, para pejabat memperingatkan bahwa invasi penuh Moskow dapat menyebabkan penangkapan cepat Kyiv dan berpotensi mengakibatkan sebanyak 50 ribu korban. 

Seorang pejabat Amerika Serikat mengkonfirmasi perkiraan itu kepada //Associated Press//, meski tidak jelas cara badan-badan Amerika Serikat menentukan angka-angka itu.

Presiden Joe Biden mengatakan tidak akan mengirim pasukan Amerika Serikat ke Ukraina untuk berperang. Namun, dia telah memerintahkan pasukan tambahan, termasuk personel markas besar dan pasukan tempur, ke Polandia dan Rumania. 

Tindakan ini untuk meyakinkan sekutu NATO itu bahwa Amerika Serikat akan memenuhi komitmen perjanjiannya untuk menanggapi agresi Rusia terhadap wilayah NATO. Ukraina bukan anggota NATO tetapi menerima dukungan dan pelatihan militer Amerika Serikat dan sekutu. 

Pejabat Angkatan Darat mengumumkan bahwa komandan jenderal Divisi Lintas Udara ke-82 Mayor Jenderal Christopher Donahue tiba di Polandia. Sekitar 1.700 tentara lainnya dari Lintas Udara ke-82 dikerahkan ke Polandia dari Fort Bragg, Carolina Utara, dan 300 tentara dikerahkan dari Bragg ke Jerman. Selain itu, 1.000 tentara yang berbasis di Jerman sedang dipindahkan ke Rumania. 

Dengan meningkatnya kegugupan di Eropa Timur atas penumpukan Rusia, banyak perhatian difokuskan pada penempatan ribuan tentaranya di Belarus. 

Wilayah ini berbatasan tidak hanya dengan Ukraina tetapi juga dengan tiga negara NATO, Polandia, Lithuania, dan Latvia. Pemerintahan Biden, menurut pejabat Amerika Serikat, mungkin akan segera memindahkan beberapa pasukan lagi di Eropa ke negara-negara sekutu di sisi timur NATO. 

Pejabat Amerika Serikat menyatakan, pasukan Rusia dapat menyerang Ukraina secara langsung dengan bergerak ke selatan dari posisi saat ini di Belarus selatan.

Dia mungkin juga mengirim pasukan melintasi perbatasan Rusia ke Ukraina timur dan selatan jika tujuannya adalah untuk mematahkan dan menghancurkan sebagian besar tentara Ukraina. 

Selainskala aksi militer, Putin mungkin memerintahkan sabotase, serangan siber, dan tindakan destabilisasi lainnya di dalam Ukraina. Tindakan ini sesuai dengan tujuan menghapus pemerintah saat ini di Kyiv.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement