Selasa 29 Mar 2022 03:53 WIB

SMA di Amerika Sumbang Rudal dan Tank ke Museum

Tank itu telah dinonaktifkan pada akhir perang dingin dan menjadi ikon dekat sekolah.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENS -- Banyak warga menyumbangkan berbagai barang-barang untuk sekolah sepanjang waktu. Namun baru di sebuah sekolah Alabama, Amerika Serikat, membalikkan kebiasaan tersebut dengan menyumbangkan rudal dan kapal induk seperti tank yang dicat merah, putih, dan biru ke museum veteran.

Sebuah MGM-52 Lance Missile yang dulu mampu mengirimkan senjata nuklir atau konvensional sebelum dinonaktifkan pada akhir Perang Dingin dan sebuah peluncur M752 telah berada di luar SMA Athena. Keberadaan benda itu telah ada selama beberapa dekade sejak 1970-an.

Baca Juga

"Setiap kali ada pengunjung yang menelepon dan menanyakan lokasi kami, kami akan memberitahu mereka untuk mengikuti ‘tank’,” kata instruktur senior Reserve Officers' Training Corps (JROTC) Angkatan Darat James L. Chambers.

Chambers mengatakan benci melihat ikon tempat itu dipindahkan. "Para taruna JROTC SMA Athena menghabiskan banyak hari dan malam berkerumun di sekitar peluncur selama pelatihan, bersosialisasi atau hanya menunggu tumpangan pulang,” katanya.

Bangunan itu sekarang menampung Sekolah Menengah Atas Athena dan peralatannya diberikan ke Museum dan Arsip Veteran Alabama. Menurut Direktur museum Sandra Thompson, pemberian ini untuk restorasi berkoordinasi dengan ketua Komisi Wilayah Limestone Collin Daly.

"Ini menambah koleksi kami dan memungkinkan pengunjung untuk melihat apa yang datang sebelum teknologi yang kita miliki saat ini,” kata Thompson. 


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement