Selasa 31 May 2022 11:42 WIB

8 Tips Memulai Bisnis Kosmetik Secara Online

Salah satu kelebihan bisnis online kosmetik adalah tak terikat ruang maupun waktu

Red: Christiyaningsih
Salah satu kelebihan bisnis online kosmetik adalah tak terikat ruang maupun waktu.
Foto: Freepik
Salah satu kelebihan bisnis online kosmetik adalah tak terikat ruang maupun waktu.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Perkembangan pesat dunia internet termasuk media sosial di dalamnya membuka banyak peluang bisnis. Maka hadirlah istilah bisnis online. Cara memulai bisnis online bisa dipelajari oleh siapa saja bahkan oleh pemula. Salah satu kelebihan bisnis online adalah tak terikat ruang maupun waktu sehingga bisa dilakukan di mana dan kapan saja.

Industri kosmetik lokal Indonesia kini tak kalah dengan para pesaingnya yang berasal dari luar negeri. Bahkan, kini bermunculan ragam produk kosmetik lokal berkualitas dengan harga yang terjangkau. Industri kosmetik selalu menjadi incaran kaum hawa. Tak sedikit yang menjadikan kosmetik sebagai kebutuhan pokok demi merawat kulit dan rambut.

Baca Juga

Bahkan, kini kosmetik tidak lagi identik dengan dunia wanita karena pria juga tak ketinggalan untuk meramaikan industri ini. Sejatinya, merawat kesehatan kulit dan rambut memang kebutuhan semua orang dan tak mengenal batas gender.

Koordinator BSI Entrepreneur Center (BEC) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwokerto Aprih Widayanto mengatakan produk kosmetik akan selalu ada pasarnya. “Kosmetik sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Pentingnya merawat dan menjaga kesehatan kulit menjadi hal utamanya. Terlebih saat ini penampilan sangat penting karena bisa menjadi aset diri sendiri yang berharga,” katanya dalam keterangan tertulis.

Maka tak heran banyak orang berlomba untuk mempercantik diri. Selain itu, menurut Aprih, bersolek dianggap penting karena bisa membuat seseorang tampil lebih percaya diri. Hal tersebut juga menjadi peluang bagi para pemula dalam berbisnis untuk membuka bisnis kosmetik online. Berikut delapan tips memulai bisnis kosmetik online yang dibagikan oleh Aprih:

1. Brand

Dalam memulai bisnis kosmetik online, hal pertama dan utama yakni membuat brand. Brand akan menjadi identitas produk kosmetik yang memberi banyak manfaat bagi kelangsungan usaha.

2. Jadi reseller

Apabila belum memiliki modal yang cukup untuk memproduksi kosmetik sendiri, ada alternatif lain yang bisa dicoba yaitu menjadi reseller. Saat ini banyak brand kosmetik ternama yang menyediakan sistem reseller.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement