Selasa 07 Jun 2022 23:03 WIB

Zelensky: Kami Ingin Rebut Kembali Wilayah Ukraina yang Diduduki Rusia

Ia berharap bantuan senjata barat mampu membantu memukul mundur pasukan Rusia.

Red: Teguh Firmansyah
Dalam gambar dari video yang disediakan oleh Kantor Pers Kepresidenan Ukraina, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara dari Kyiv, Ukraina, 2 Juni 2022.
Foto: AP/Ukrainian Presidential Press Off
Dalam gambar dari video yang disediakan oleh Kantor Pers Kepresidenan Ukraina, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara dari Kyiv, Ukraina, 2 Juni 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa Kiev tidak akan puas dengan stalemate---upaya penyelesaian perselisihan saat kedua belah pihak memiliki kekuatan seimbang---dalam perang dengan Rusia. Ia menegaskan Ukraina bertujuan untuk mendapatkan kembali kendali atas semua wilayahnya yang diduduki oleh Rusia.

"Kami telah kehilangan terlalu banyak orang untuk menyerahkan wilayah kami begitu saja," kata Zelensky melalui tautan video di sebuah acara yang diselenggarakan oleh FT Live, Selasa.

Baca Juga

Kiev sebelumnya mengatakan bahwa pasukan Rusia sekarang menduduki sekitar 20 persen wilayah Ukraina, termasuk di sebelah timur dan selatan."Kami tidak akan mempermalukan siapa pun, kami akan menanggapi dengan cara yang sama," kata Zelenskiyy, ketika ditanya tentang seruan Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk tidak "mempermalukan" Rusia agar pintu tetap terbuka bagi solusi diplomatik.

Ukraina berharap pengiriman persenjataan jarak jauh dari Barat, termasuk HIMARS Amerika Serikat dan sistem roket artileri M270 Inggris, dapat membantu mendorong mundur pasukan Rusia.

Zelenskiyy juga mengatakan dia "sangat senang" bahwa Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, salah satu sekutu setia Ukraina, selamat dari mosi tidak percaya di antara anggota parlemen dari Partai Konservatif yang memerintah pada Senin (6/6).

Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022, dalam apa yang disebutnya "operasi militer khusus" untuk membasmi apa yang dikatakannya sebagai ancaman terhadap keamanannya.Ukraina dan sekutu Barat mengatakan Rusia melancarkan perang agresi yang tidak beralasan.Moskow telah memfokuskan serangannya di wilayah Luhansk dan Donetsk, atau dikenal sebagai Donbas, setelah pasukannya dikalahkan di pinggiran Kiev pada Maret dan mundur dari kota terbesar kedua Kharkiv bulan lalu.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِيْ وُعِدَ الْمُتَّقُوْنَ ۗفِيْهَآ اَنْهٰرٌ مِّنْ مَّاۤءٍ غَيْرِ اٰسِنٍۚ وَاَنْهٰرٌ مِّنْ لَّبَنٍ لَّمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهٗ ۚوَاَنْهٰرٌ مِّنْ خَمْرٍ لَّذَّةٍ لِّلشّٰرِبِيْنَ ەۚ وَاَنْهٰرٌ مِّنْ عَسَلٍ مُّصَفًّى ۗوَلَهُمْ فِيْهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ وَمَغْفِرَةٌ مِّنْ رَّبِّهِمْ ۗ كَمَنْ هُوَ خَالِدٌ فِى النَّارِ وَسُقُوْا مَاۤءً حَمِيْمًا فَقَطَّعَ اَمْعَاۤءَهُمْ
Perumpamaan taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa; di sana ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, dan sungai-sungai air susu yang tidak berubah rasanya, dan sungai-sungai khamar (anggur yang tidak memabukkan) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah-buahan dan ampunan dari Tuhan mereka. Samakah mereka dengan orang yang kekal dalam neraka, dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga ususnya terpotong-potong?

(QS. Muhammad ayat 15)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement