Selasa 14 Jun 2022 06:23 WIB

Mengenal Motor Valley, Pusat Supercar di Italia

Motor valley adalah wilayah di Region Emilia-Romagna tepatnya di Provinsi Modena.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Lamborghini E_X
Foto: pinterest
Lamborghini E_X

REPUBLIKA.CO.ID, MODENA -- Kalifornia disebut silicon valley karena jadi tempat beroperasinya sejumlah perusahaan teknologi global. Di Italia, terdapat suatu wilayah yang disebut sebagai motor valley karena jadi markas sejumlah brand mobil mewah.

Dikutip dari Japan Today pada Senin (13/6/2022), wilayah yang disebut sebagai motor valley adalah wilayah di Region Emilia-Romagna tepatnya di Provinsi Modena. Sejumlah brand yang bermarkas di wilayah itu adalah Ferarri, Lamborghini, Maserati dan Ducati.

Baca Juga

Hal itu membuat Modena kerap dikunjugi para pebisnis dan pecinta supercar untuk melakukan pertemuan membahas kerja sama maupun sekedar berbincang soal supercar dan motor gede.

Otoritas transportasi, infrastruktur dan pariwisata Emilia-Romagna, Andrea Corsini mengatakan, wilayah ini menyimpan sejumlah histori supecar karena pertumbuhan perusahaan supercar telah melibatkan beberapa generasi.

Pertumbuhan industri otomotif di wilayah pertanian itu berkaitan dengan Perang Dunia II. Saat itu, para petani dituntut untuk bisa segera memperbaiki peralatan pertanian setelah perang usai.

Hal itulah yang membuat masyarakat di Emilia-Romagna memiliki keterampilan teknis soal mesin. Alhasil, pabrikan otomotif pun bisa dengan mudah mendapatkan pegawai yang sudah memiliki bekal pengetahuan dasar yang memadai.

Pertumbuhan industri supecar di Emilia-Romagna pun memberikan kontribusi transkasi sebesar 16 miliar euro per tahun. Sebagian nilai transkasi itu berasal dari transaksi ekspor mobil ke berbagai penjuru dunia.

Saat ini, Emilia-Romagna memiliki 16 ribu perusahaan otomotif dan pendukung industri otomotif, empat trek balap dan enam pusat pelatihan. Secara keseluruhan, terdapat 90 ribu pekerja yang terlibat dalam industri tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement