Jumat 27 Aug 2021 11:56 WIB

Menjaga Kesehatan Batin Saat Isolasi Mandiri

Jangan memikirkan hal yang belum terjadi yang malah membuat pikiran makin ruwet.

Red: Ani Nursalikah
Menjaga Kesehatan Batin Saat Isolasi Mandiri. Warga positif COVID-19 berada di ruang isolasi mandiri Posko PPKM Kelurahan Mata Air, Kota Padang, Sumatra Barat, Rabu (4/8/2021). Masyarakat, Satgas COVID-19 bersama Babinsa dan Babinkamtibmas secara swadaya membuka Posko PPKM di kantor lurah dan masing-masing RW serta membantu kebutuhan warga yang menjalani isolasi mandiri di rumah maupun di ruang isolasi khusus yang dibuka di kelurahan itu.
Foto:

Namun, perlu diingat untuk mencari sumber informasi yang bisa dipercaya agar tidak terjebak hoaks yang justru menimbulkan kepanikan baru. Cari informasi dari media-media terpercaya serta situs resmi pemerintah.

Jangan langsung percaya dengan informasi yang beredar di grup percakapan yang belum jelas sumbernya. Hindari membaca berita-berita yang membuat risau seperti rumah sakit yang penuh atau kasus Covid-19 terus naik.

"Memang Covid-19 muncul di era media sosial sedang booming, informasi bisa diakses 24 jam, kita tidak tahu apakah informasi itu valid atau tidak, jadi batasilah akses media sosial," ujar dia.

Sebagai makhluk sosial, manusia selalu perlu berinteraksi dengan orang lain. Ketika isolasi mandiri, interaksi fisik tak bisa dilakukan dengan orang lain, tapi manfaatkanlah teknologi agar tetap terhubung dengan keluarga atau sahabat.

Sosialisasi itu penting dilakukan, terlebih ketika Anda berada dalam isolasi dan merasa sedang terkurung. Terhubung dengan orang lain bisa mengusir rasa kesepian dan tertekan.

Baca juga : Wiku: Gunakan Aplikasi daripada Cetak Sertifikat Vaksin

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement