Kamis 04 Nov 2021 06:53 WIB

Minuman Pendamping Sarapan yang Bantu Turunkan Hipertensi

Kebanyakan orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka menderita hipertensi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Jus jeruk. Senyawa hesperidin dalam jeruk dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hipertensi perlu dikelola dengan beragam modalitas, termasuk diet.
Foto:

Hasil studi menunjukkan bahwa konsumsi sari jeruk dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik pada para partisipan. Tentu, minum sari jeruk saja tidak cukup untuk mengontrol tekanan darah penderita hipertensi.

photo
Gejala hipertensi - (Republika)

Para penderita hipertensi juga perlu mengonsumsi obat-obatan secara rutin agar tekanan darah mereka tetap terkontrol. Di samping itu, pengaturan pola makan dan kebiasaan sehari-hari juga berperan penting dalam mencapai tekanan darah yang ideal, baik untuk penderita hipertensi maupun individu sehat.

Beberapa kebiasaan yang perlu dijauhi agar tekanan darah terkontrol adalah merokok dan konsumsi alkohol. Olahraga secara rutin juga dapat membantu pasien hipertensi dan individu sehat untuk mengontrol tekanan darah.

Baca juga : Sehatkah Makan Popcorn Setiap Hari?

Intensitas olahraga yang disarankan adalah sedang ke berat. Dari sisi makanan, ada beberapa jenis yang dapat membantu mengontrol tekanan darah.

Sebagian di antaranya adalah salmon, buah beri, kacang polong, lentil, kacang-kacangan, biji labu, dan tomat. Makanan lain yang tak kalah baik untuk dikonsumsi adalah wortel, brokoli, greek yoghurt, bayam, biji chia, dan biji flax.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement