Jumat 28 Jan 2022 11:30 WIB

Minum Kopi Sebelum Tidur Siang Setengah Jam, Ini Manfaatnya Menurut Dokter Saraf

Dokter saraf mengungkap manfaat minum kopi sebelum tidur siang sekejap.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Secangkir kopi (ilustrasi). Minum kopi sebelum tidur siang sebentar dapat meningkatkan energi di tengah hari.
Foto:

Menurut Sleep Foundation, tubuh membutuhkan waktu sekitar empat hingga enam jam untuk mencerna setengah efek kafein. Artinya, jika minum kopi di sore hari, itu bisa membuat seseorang tetap terjaga sampai pukul 10 malam.

Bahkan, jika efek melek dari kopi terasa sudah pudar, dampaknya pada otak sebenarnya masih tersisa. Minum kopi akan memblokir adenosin, zat kimia dalam otak yang menimbulkan rasa kantuk.

Dengan kemungkinan itu, Faraut menyarankan untuk mengimbanginya dengan tidak tidur terlalu sore. Tidur siang 20 menit setelah jam lima sore bisa menjadi bumerang karena membuat lebih sulit untuk tertidur di malam hari.

Sebagai aturan praktis, Faraut merekomendasikan untuk memberi jarak sekitar enam jam antara tidur siang dan waktu tidur di malam hari. Faraut juga menyarankan tidur siang tidak lebih dari 30 menit.

Faraut menjelaskan, sifat restoratif dari tidur siang ditentukan oleh tahap tidur yang dimasuki. Dalam lima atau 10 menit pertama, terjadi gelombang lambat ringan, sedangkan tidur gelombang lambat yang dalam (jenis yang paling restoratif) terjadi setelah sekitar 20 menit.

Tidur selama 10 menit biasanya cukup untuk mengimbangi efek dari satu jam terlalu sedikit tidur di malam hari. Ini merupakan persiapan yang sempurna jika ada rapat di sore hari.

"Keuntungannya adalah tidak akan menyebabkan pusing setelah tidur, meskipun juga tidak bertahan cukup lama untuk menghasilkan tidur gelombang lambat yang restoratif," tuturnya, dikutip dari laman The Sun, Kamis (27/1/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement