Kamis 12 May 2022 15:22 WIB

Putrinya Wafat Akibat Hirup Aerosol Deodoran Semprot, Ibu di Ausy Ingatkan Bahaya Chroming

Anak-anak hingga remaja Queensland banyak yang kecanduan chroming.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Deodoran semprot (Ilustrasi). Seorang ibu di Australia mengingatkan orang tua lain akan bahaya chroming. Putrinya yang berusia 16 tahun meninggal setelah menghirup aerosol dari deodoran semprot.
Foto:

Chroming menjadi masalah di Mount Isa, Queensland, sehingga toko-toko besar menyimpan produk aerosol di lemari pajangan yang terkunci sejak tahun lalu. Dilaporkan bahwa anak-anak berusia tujuh tahun kecanduan menghirup aerosol dari kaleng, kaleng cat, peroksida, dan pewarna rambut untuk mabuk.

Pusat Informasi Racun New South Wales menerima lonjakan laporan tentang aerosol antara 2017 hingga 2020. Ahli toksikologi klinis dr Ingrid Berling mengungkapkan, sekitar setengah dari panggilan ke saluran bantuan melibatkan anak-anak di bawah 11 tahun. Dia juga menemukan bahwa anak laki-laki dan pria dewasa lebih rentan menghirup aerosol.

"Yang mengkhawatirkan dalam data adalah bahwa ada sekelompok anak-anak yang terpapar narkoba. Hanya sebagian kecil dari semua obat-obatan dan alkohol yang digunakan, tetapi ini mengkhawatirkan bahwa ada anak berusia 12 dan 13 tahun yang diketahui menggunakan hidrokarbon sebagai 'obat rekreasi'," kata dia.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَتَقَبَّلَهَا رَبُّهَا بِقَبُوْلٍ حَسَنٍ وَّاَنْۢبَتَهَا نَبَاتًا حَسَنًاۖ وَّكَفَّلَهَا زَكَرِيَّا ۗ كُلَّمَا دَخَلَ عَلَيْهَا زَكَرِيَّا الْمِحْرَابَۙ وَجَدَ عِنْدَهَا رِزْقًا ۚ قَالَ يٰمَرْيَمُ اَنّٰى لَكِ هٰذَا ۗ قَالَتْ هُوَ مِنْ عِنْدِ اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يَرْزُقُ مَنْ يَّشَاۤءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ
Maka Dia (Allah) menerimanya dengan penerimaan yang baik, membesarkannya dengan pertumbuhan yang baik dan menyerahkan pemeliharaannya kepada Zakaria. Setiap kali Zakaria masuk menemuinya di mihrab (kamar khusus ibadah), dia dapati makanan di sisinya. Dia berkata, “Wahai Maryam! Dari mana ini engkau peroleh?” Dia (Maryam) menjawab, “Itu dari Allah.” Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki tanpa perhitungan.

(QS. Ali 'Imran ayat 37)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement