Kamis 28 Jul 2022 05:25 WIB

Hipertensi dan Kolesterol Tinggi: Munculnya 3 Warna pada Mata Jadi Tandanya

Berubahnya warna pada mata bisa menjadi pertanda hipertensi atau kolesterol tinggi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Menutup mata (ilustrasi). Spot merah pada mata, adanya lingkar biru di iris, dan semburat kuning pada mata bisa menjadi pertanda hipertensi dan kolesterol tinggi.
Foto:

Semburat kuning

Warna putih pada mata yang berubah menjadi kuning biasanya disebabkan oleh sakit kuning atau jaundice. Kondisi ini terjadi ketika haemoglobin pecah menjadi bilirubin, yang kemudian tak dibuang keluar tubuh.

"(Bilirubin) seharusnya bergerak dari hati ke saluran empedu, tapi bila ini tidak terjadi, kulit dan mata yang menguning bisa terjadi," jelas Edmonds

Studi dalam NCBI juga mengungkapkan bahwa perubahan kadar plasma bilirubin berkaitan dengan faktor-faktor risiko penyakit kardiovaskular seperti aterosklerosis, neuropati diabetik, dan penyakit ginjal. Semua faktor risiko tersebut juga bisa berkontribusi pada terjadinya hipertensi.

Edmonds mengatakan, orang-orang yang bagian putih matanya menguning juga perlu waspada ketika mengalami keluhan pandangan kabur. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal, sehingga penting untuk diperiksakan ke dokter.

"Pandangan kabur yang terjadi tiba-tiba bisa menjadi pertanda strok, terlebih bila dikombinasikan dengan sebagian tanda kunci (strok) lainnya seperi cara bicara pelo dan setengah sisi wajah menurun," ungkap Edmonds.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُحِلُّوْا شَعَاۤىِٕرَ اللّٰهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ وَلَا الْهَدْيَ وَلَا الْقَلَاۤىِٕدَ وَلَآ اٰۤمِّيْنَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ يَبْتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرِضْوَانًا ۗوَاِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُوْا ۗوَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ اَنْ صَدُّوْكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اَنْ تَعْتَدُوْۘا وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu melanggar syiar-syiar kesucian Allah, dan jangan (melanggar kehormatan) bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) hadyu (hewan-hewan kurban) dan qala'id (hewan-hewan kurban yang diberi tanda), dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitulharam; mereka mencari karunia dan keridaan Tuhannya. Tetapi apabila kamu telah menyelesaikan ihram, maka bolehlah kamu berburu. Jangan sampai kebencian(mu) kepada suatu kaum karena mereka menghalang-halangimu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat melampaui batas (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya.

(QS. Al-Ma'idah ayat 2)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement