Rabu 19 Jan 2011 19:50 WIB

Digerebek Polisi, Mistanti Sedang Asyik Mencuri Rel

Red: Stevy Maradona
Rel kereta api di Jawa, ilustrasi.
Foto: WordPress
Rel kereta api di Jawa, ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER-- Jajaran Kepolisian Sektor Ledokombo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, menangkap pencuri komponen rel kereta api (KA) di perbatasan Kecamatan Ledokombo dan Kalisat, Jember, Rabu.

"Pencuri yang bernama Mistanto (32) asal Desa Kertosari, Kecamatan Pakusari tertangkap saat beraksi melakukan pencurian di jalur rel KA iut," kata Kapolsek Ledokombo, AKP Dwi Tulus Sutarta.

Ia mengatakan awalnya masyarakat yang mengetahui aksi kejahatan yang dilakukan Mistanto, kemudian warga menyampaikan informasi tersebut kepada petugas KA setempat.

"Pencuri tertangkap basah sedang melepas paku terpon dan pelat sambung rangkaian rel KA di perbatasan Ledokombo-Kalisat, sehingga polisi segera meluncur ke lokasi dan mengamankan tersangka ke Mapolsek setempat," tuturnya.

Barang bukti yang disita polisi yakni delapan paku terpon dan dua pelat sambung yang menghubungkan rangkaian rel KA. "Beruntung aksi pencurian itu diketahui, sebelum sejumlah kereta api melewati jalur rel tersebut, karena hal itu dapat menyebabkan kecelakaan KA," paparnya.

Sementara Humas Daerah Operasi IX Jember, Burhani Sulthon, mengatakan pencurian rel menyebabkan KA Pandanwangi jurusan Banyuwangi-Jember tertahan sekitar 30 menit di stasiun terdekat sebelum melaju ke Stasiun Jember.

Jalur rel KA yang rawan pencurian komponen rel yakni sepanjang daerah Leces (Kabupaten Probolinggo), Klakah dan Jatiroto (Kabupaten Lumajang) dan Tanggul dan Ledokombo (Kabupaten Jember).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement