Senin 02 May 2022 08:45 WIB

Transjakarta Reaktivasi Dua Rute Layanan Bus Gratis

Reaktivasi bus gratis rute GR4 dan GR5 seiring pulihnya kegiatan masyarakat.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Bus Metrotrans gratis (ilustrasi). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyebutkan bahwa reaktivasi dua layanan bus gratis, yakni rute Taman Intan-Museum Bahari (GR4) dan rute Kota Tua Explorer (GR5), seiring dengan pulihnya kegiatan masyarakat belakangan ini.
Foto: ANTARA/Aprillio Akbar
Bus Metrotrans gratis (ilustrasi). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyebutkan bahwa reaktivasi dua layanan bus gratis, yakni rute Taman Intan-Museum Bahari (GR4) dan rute Kota Tua Explorer (GR5), seiring dengan pulihnya kegiatan masyarakat belakangan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyebutkan bahwa reaktivasi dua layanan bus gratis, yakni rute Taman Intan-Museum Bahari (GR4) dan rute Kota Tua Explorer (GR5), seiring dengan pulihnya kegiatan masyarakat belakangan ini.

Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR PT Transjakarta Iwan Samariansyah menyebutkan, kedua rute tersebut masuk dalam beberapa layanan yang dihentikan sementara sebagai dukungan kepada pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 pada sektor transportasi. "Seiring dengan pulihnya kegiatan masyarakat, perlahan mulai kami aktifkan kembali guna memaksimalkan layanan bagi masyarakat," ujar Iwan dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

Baca Juga

Iwan mengatakan bahwa kedua rute gratis ini efektif melayani pelanggan mulai Jumat (29/4/2022) yang akan melayani pelanggan setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB secara gratis. Meski demikian, pelanggan tetap diwajibkan untuk lakukan tap in dan tap out kartu uang elektronik melalui alat tap on bus (TOB) yang terpasang di dalam armada.

Ia berharap reaktivasi rute ini dapat meningkatkan kemudahan pelanggan dalam akses transportasi. "Transjakarta sampai saat ini masih beroperasi dengan kapasitas maksimal," ujarnya.

Namun, Iwan memastikan Transjakarta tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat seperti seluruh calon pelanggan wajib menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 untuk dapat mengakses seluruh layanan Transjakarta, baik melalui aplikasi JAKI, PeduliLindungi, maupun sertifikat vaksin yang dikeluarkan oleh lembaga berwenang. Selain itu, kata dia, pelanggan wajib menggunakan masker, melakukan pengukuran suhu tubuh jelang memasuki gate halte.

"Kami mengimbau masyarakat untuk memenuhi semua aturan yang berlaku untuk keamanan dan kenyamanan kita bersama," ucap Iwan.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَا لِلّٰهِ الدِّيْنُ الْخَالِصُ ۗوَالَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا مِنْ دُوْنِهٖٓ اَوْلِيَاۤءَۘ مَا نَعْبُدُهُمْ اِلَّا لِيُقَرِّبُوْنَآ اِلَى اللّٰهِ زُلْفٰىۗ اِنَّ اللّٰهَ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ فِيْ مَا هُمْ فِيْهِ يَخْتَلِفُوْنَ ەۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يَهْدِيْ مَنْ هُوَ كٰذِبٌ كَفَّارٌ
Ingatlah! Hanya milik Allah agama yang murni (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Dia (berkata), “Kami tidak menyembah mereka melainkan (berharap) agar mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya.” Sungguh, Allah akan memberi putusan di antara mereka tentang apa yang mereka perselisihkan. Sungguh, Allah tidak memberi petunjuk kepada pendusta dan orang yang sangat ingkar.

(QS. Az-Zumar ayat 3)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement