Sabtu 19 May 2012 14:17 WIB

Inilah Rumah Termahal di Dunia

Rep: Nora Azizah/ Red: Karta Raharja Ucu
Salah satu ruang makan rumah 'Antilia', milik Mukesh Ambani.
Salah satu ruang makan rumah 'Antilia', milik Mukesh Ambani.

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID - Meski India termasuk negara miskin, tapi di negaranya Mahatma Gandhi itu ada sebuah rumah yang dinobatkan sebagai rumah termahal di dunia. Namun, rumah itu bukan Taj Mahal yang masuk dalam tujuh keajaiban dunia dan menjadi kebanggan warga India, melainkan sebuah rumah milik seorang konglomerat terkaya di India, Mukesh Ambani.

Rumah yang dinobatkan menjadi rumah termahal di dunia tersebut sudah ditinggali sang pemilik sejak September 2011 lalu. Rumah milik Mukesh Ambani itu memiliki 27 lantai --di versi lain ada yang menyebut jumlah lantai rumah tersebut hingga 60 tingkat-- yang dibangun di kawasan mewah Altamound Road, Mumbai, India. Rumah yang diberi nama 'Antilia' ini, konon menghabiskan dana sebesar satu miliar dolar AS (sekitar Rp 9 triliun) wow!

Beberapa orang yang pernah mengunjungi rumah tersebut menginformasikan, Antilia memiliki satu helipad di atapnya, perpustakaan yang sangat luas, ruang makan yang luar biasa mewah, lantai marmer super mewah, bahkan ada sebuah ruangan bersalju di dalam rumah.

Tak heran bila hingga sekarang, sang penghuni terlihat tenang mendiami rumah mereka. "Ini pertama kalinya saya berbicara mengenai rumah saya," kata Nita, isteri Mukesh Ambani saat berbincang dengan Vanity Fair Magazine, Juni lalu.