Ahad 30 Dec 2012 15:01 WIB

62 Warga Sukabumi Jadi Korban 'Trafficking' di 2012

Rep: Riga Iman/ Red: Citra Listya Rini
Human trafficking (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
Human trafficking (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Korban perdagangan manusia alias human trafficking asal Kabupaten Sukabumi terus bertambah banyak. Hingga akhir Desember sudah sebanyak 62 orang warga yang menjadi korban trafficking.

Terakhir, seorang korban asal Desa/Kecamatan Tegalbuleud yang berinisial S (24 tahun) berhasil dibawa pulang ke Sukabumi, Jumat (28/12) sore. Korban S diperdagangkan hingga ke Malaysia.

"Korban trafficking tahun ini memang cukup tinggi," kata Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten  Sukabumi, Elis Nurbaeti kepada Republika di Sukabumui, Ahad (30/12).

Kasus terbanyak terjadi dalam dua bulan terakhir. Berdasarkan data P2TP2A Kabupaten Sukabumi menyebutkan, dari awal 2012 hingga akhir Desember kasus trafficking mencapai 53 kasus dengan korban sebanyak 62 orang. Padahal pada 2011 lalu kasus trafficking hanya sebanyak 27 kasus.

Menurut Elis, korban perdagangan manusia tersebut diperjualbelikan ke sejumlah daerah hingga luar negeri. Diantaranya Brunei Darussalam, Beirut (Lebanon), Malaysia, Arab Saudi, Papua, Jakarta, dan Medan.

Elis mengakui, kasus trafficking yang belum terungkap masih banyak. Pasalnya, saat ini yang baru tertangani baru sebagian warga di utara Sukabumi. Sedangkan masyarakat di selatan Sukabumi belum optimal mendapatkan perhatian.

Ditambahkan Elis, munculnya kasus perdagangan wanita disebabkan iming-iming memperoleh gaji besar. Namun, pada kenyataannya mereka malah di bawa ke tempat lain yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

Seperti yang dialami korban trafficking S, warga Kecamatan Tegalbuleud yang awalnya dijanjikan gaji besar dengan bekerja di sebuah toko di Malaysia. Pada kenyataannya S yang kini tengah hamil tersebut dipekerjakan di sebuah kedai roti dan gajinya tidak dbayar sama sekali.

"Saya merasa kapok dan tidak mau lagi ke luar negeri," ujar S, kepada wartawan. Ia kini memilih untuk bekerja di kampung halamanya sendiri.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَسَالَتْ اَوْدِيَةٌ ۢ بِقَدَرِهَا فَاحْتَمَلَ السَّيْلُ زَبَدًا رَّابِيًا ۗوَمِمَّا يُوْقِدُوْنَ عَلَيْهِ فِى النَّارِ ابْتِغَاۤءَ حِلْيَةٍ اَوْ مَتَاعٍ زَبَدٌ مِّثْلُهٗ ۗ كَذٰلِكَ يَضْرِبُ اللّٰهُ الْحَقَّ وَالْبَاطِلَ ەۗ فَاَمَّا الزَّبَدُ فَيَذْهَبُ جُفَاۤءً ۚوَاَمَّا مَا يَنْفَعُ النَّاسَ فَيَمْكُثُ فِى الْاَرْضِۗ كَذٰلِكَ يَضْرِبُ اللّٰهُ الْاَمْثَالَ ۗ
Allah telah menurunkan air (hujan) dari langit, maka mengalirlah ia (air) di lembah-lembah menurut ukurannya, maka arus itu membawa buih yang mengambang. Dan dari apa (logam) yang mereka lebur dalam api untuk membuat perhiasan atau alat-alat, ada (pula) buihnya seperti (buih arus) itu. Demikianlah Allah membuat perumpamaan tentang yang benar dan yang batil. Adapun buih, akan hilang sebagai sesuatu yang tidak ada gunanya; tetapi yang bermanfaat bagi manusia, akan tetap ada di bumi. Demikianlah Allah membuat perumpamaan.

(QS. Ar-Ra'd ayat 17)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement