Sabtu 02 Nov 2013 17:21 WIB

KPU: DPT Jateng Alami Penurunan

Red: Taufik Rachman
Daftar Pemilih Tetap (DPT)
Foto: Antara
Daftar Pemilih Tetap (DPT)

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG--Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah Joko Purnomo mengatakan, jumlah daftar pemilih di provinsi tersebut mengalami penurunan sebanyak 63.034 orang berdasarkan hasil klarifikasi yang dilakukan pihaknya.

"Penurunan jumlah daftar pemilih itu mayoritas disebabkan adanya daftar pemilih ganda antar-kabupaten dalam provinsi dan telah berhasil kami konfirmasi," katanya di Semarang, Sabtu.

Hal tersebut disampaikan Joko usai memimpin Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perubahan Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD provinsi dan kabupaten/kota 2014 di aula KPU Jateng Jalan Veteran Semarang.

Ia mengungkapkan, dengan dihapusnya daftar pemilih ganda tersebut maka jumlah DPT hasil perubahan tingkat provinsi sebanyak 27.217.087 orang.

"Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2013, KPU provinsi diberi kewenangan untuk melakukan rekap terhadap hasil rekapitulasi di kabupaten/kota, sedangkan penetapannya nanti di tingkat nasional oleh KPU Pusat," ujar mantan Ketua Kabupaten Wonogiri itu.

Ia mengungkapkan, saat melakukan rekapitulasi DPT, KPU Jateng dan 35 KPU kabupaten/kota telah membenarkan data-data pemilih seperti kesalahan nama, tanggal lahir, status pernikahan, jenis kelamin, dan pemilih di bawah umur.

"Mengenai masalah nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (NKK) masih terus berjalan, khusus NIK antar kabupaten dalam provinsi sudah terselesaikan, sedangkan NIK antar provinsi belum selesai diklarifikasi karena perlu waktu," katanya.

Dari jumlah DPT tersebut, kata Joko, masih ada sekitar 521.000 data NIK yang belum dimasukkan. "Insya Allah dalam waktu dua hari sudah bisa kami selesaikan sehingga bisa segera diserahkan ke KPU Pusat," ujarnya.

Terkait dengan rekapitulasi DPT Pemilu 2014, ia mengatakan bahwa KPU Jateng ingin membangun sistem informasi daftar pemilih secara berkelanjutan. "Hal itu bertujuan agar setiap pemilu tidak bolak-balik ganti DPT karena biayanya mahal dan mobilitas penduduk tinggi," katanya.

Berdasarkan data dari KPU Jateng, jumlah pemilih laki-laki di Jateng sebanyak 13.531.211 orang, sedangkan pemilih perempuan sebanyak 13.685.876 orang.

Jumlah DPT paling banyak terdapat di Kabupaten Brebes yakni 1.483.221 orang, disusul Kabupaten Cilacap sebanyak 1.472.578 orang dan Kabupaten Banyumas sebanyak 1.310.184 orang.

Jumlah DPT terendah ada di Kota Magelang sebanyak 92.740 orang, disusul Kota Salatiga sebanyak 128.417 orang dan Kota Tegal sebanyak 196.764 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement