Selasa 19 Nov 2013 13:48 WIB

Hatta: Penyadapan Masalah yang Sangat Serius

Red: Yudha Manggala P Putra
Hatta Rajasa
Foto: Aditya Pradana Putra/Republika
Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, kalau  penyadapan yang dilakukan oleh Australia dan Amerika itu mencederai hubungan  diplomatik yang sudah terjalin  sangat baik selama ini. Dalam hubungan bilateral terdapat  berbagai macam kesepakatan dengan norma-norma  diplomatik, salah satunya saling percaya.

"Namun dengan penyadapan itu menunjukkan kepercayaan Indonesia kepada sahabat, tetangga Australia dicederai. Ketidakpercayaan Australia kepada Indonesia ditunjukkan dengan penyadapan," kata Hatta, Selasa, (19/11).

Australia, ujar Hatta, harus memberikan penjelasan kepada Indonesia dengan terperinci mengapa mereka melakukan penyadapan itu. Sebab sikap tersebut tidak menunjukkan sikap seorang teman.

"Saya disadap. Mensesneg disadap, Presiden disadap, pembantu dekat presiden disadap. Penyadapan itu sudah  masuk ke jantungnya pemerintahan, jadi ini masalah yang sangat serius," kata Hatta.‬

Terkait dampak penyadapan Australia terhadap hubungan ekonomi Indonesia, Hatta mengatakan, hubungan ekonomi Indonesia Australia tetap berjalan. Namun bukan berarti Australia tidak bertanggung jawab dalam hal penyadapan.

Intinya, kata Hatta,  Australia harus memberikan  penjelasan soal itu meskipun hubungan Indonesia dan Australia tetap berjalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement