Ahad 26 Jan 2014 09:10 WIB

'12 Menit: Kemenangan untuk Selamanya', Film tentang Marching Band Pertama di Indonesia

Red: Hazliansyah
12 Menit: Kemenangan untuk Selamanya
Foto: ist
12 Menit: Kemenangan untuk Selamanya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tema di perfilman di Indonesia kian beragam. Kali ini giliran film yang mengangkat tema tentang marching band di Indonesia, berjudul "12 Menit: Kemenangan Untuk Selamanya".

Film ini diangkat dari kisah nyata tentang kehidupan anak-anak marching band di Kota Bontang, Kalimantan Timur yang tergabung dalam Marching Band Bontang Pupuk Kalltim (MBBPKT). Mereka berjuang dengan latihan keras selama ribuan jam untuk tampil hanya 12 menit di kejuaraan tingkat nasional.

"Saya lihat marching band di Indonesia itu luar biasa, tapi kenapa nggak ada gaungnya. Akhirnya saya terpikir untuk mengangkat kisah marching band dalam film," ujar Regina Septapi selaku sutradara dalam jumpa pers film tersebut, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Disutradarai oleh Hanny R Saputra, "12 Menit: Kemenangan Untuk Selamanya" bercerita tentang tiga anak muda Elaine (Amanda Sutanto), Lahang (Hudri) dan Tara (Arum Sekarwangi). Ketiganya berasal dari latar belakang yang berbeda tapi memimpikan sesuatu yang sama. Mereka sama-sama ingin mendapat pengakuan dan mencapai impian sesuai ukuran masing-masing.