Ahad 16 Feb 2014 05:52 WIB

Bupati Sumedang Resmikan P4S Sumedang

Red: Joko Sadewo
Peresmian Pusat Pelatihan Pertanian Sauyunan, Sumedang
Foto: Budhi Irianto
Peresmian Pusat Pelatihan Pertanian Sauyunan, Sumedang

REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG -- Bupati Sumedang Ade Irawan meresmikan Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Sauyunan (P4S). Pusat pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

"P4S Sauyunan diharapkan bisa memberikan motivasi dan solusi untuk agrobisnis, khususnya di Sumedang," kata Ade Irawan.

Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Sauyunan (P4S), yang terletak di Dusun Cilumping Desa Cikrubuk Kecamatan Buah Dua Sumedang Jawa barat merupakan wadah bagi para gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Sumedang. Keberadaan mereka dimaksudkan untuk memberikan motivasi, pelatihan dalam bidang agrobisnis.

Langkah ini perlu dilakukan mengingat agrobisnis merupakan salah satu potensi besar yang mempunyai nilai strategis. Jika agrobisnis Sumedang berkembang maka diharapkan bisa meningkatkan fungsi pemberdayaan ekonomi, sehingga bisa mengurangi kemiskinan maupun pengangguran.

Sejauh ini Pengembangan Usaha Agrobisnis Pedesaan ( PUAP ) merupakan program dari Kementerian Pertanian. Program ini memberikan dukungan langsung kepada para petani yang tergabung dalam gapoktan, sejak 2008–2013. Tercatat program PUAP sudah memberikan bantuan kepada 187 gapoktan di 187 desa di 26 kecamatan Sumedang dan terus meningkat di 2014.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement