Jumat 11 Apr 2014 20:41 WIB

Kadiknas: Jangan Percaya Kunci Jawaban UN

Red: Didi Purwadi
Ujian Nasional
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Ujian Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Kepala Dinas Pendidikan Nasional Sumatera Selatan, Widodo, mengimbau para siswa peserta Ujian Nasional agar jangan percaya dengan kunci jawaban yang diisukan marak beredar saat ini.

"Dalam satu ruang ujian saja, ada 20 macam soal. Mana mungkin satu kunci bisa mewakili semuanya," kata Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Kadiknas) Sumsel, Widodo, saat ditemui usai melepas keberangkatan paket soal Ujian Nasional (UN) menuju 17 kabupaten/kota di provinsi tersebut di Palembang, Jumat.

Imbauan tersebut disampaikan karena sangat prihatin apabila ada siswa sampai mempercayakan hasil ujiannya dari kunci jawaban yang diterima.

"Seringkali siswa ini ingin cepat-cepat dan langsung tidak percaya diri dengan usaha sendiri, sehingga mencari cara lain dengan membeli kunci jawaban dari pihak yang tidak bertanggungjawab," katanya.

Ia menjelaskan tahun ini soal ujian dibuat sedemikian rupa dan jenisnya pun dibedakan di tiap regional penyelenggara Ujian Nasional.

"Jangan percaya dengan tawaran kunci jawaban,'' katanya. ''Kerjakan saja soal dengan percaya diri.''

Ujian Nasional yang akan serentak dilaksanakan pada Senin 14 April mendatang dan akan diikuti ribuan siswa SMA/MA/SMK se-Sumsel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement