Kamis 18 Sep 2014 15:55 WIB

Bandara Kualanamu Jadi Kawasan Aetropolis

Red: Erdy Nasrul
Bandara Kualanamu
Foto: ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Bandara Kualanamu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) II bakal mengembangkan Bandara Internasional Kualanamu menjadi kawasan aetropolis yang terintegrasi dengan berbagai infrastruktur vital lain guna meningkatkan daya saing Provinsi Sumatera Utara.

"PT Angkasa Pura II akan mengembangkan Bandara Internasional Kualanamu menjadi kawasan aerotropolis yang terintegrasi dengan Pelabuhan Belawan, Medan, dan Pelabuhan Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara," kata Sekretaris Perusahaan AP II Daryanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, dalam konsep aetropolis, suatu bandara akan menjadi pusat kegiatan yang dikelilingi oleh berbagai fasilitas pendukung yang terletak di dalam pagar bandara atau di luar pagar seperti perkantoran, penginapan, area komersial, hiburan, pendidikan, layanan kesehatan berkelas, dan berbagai kawasan industri.

Sedangkan Kawasan Aerotropolis Bandara Internasional Kualanamu, ujar dia, akan diintegrasikan dengan dua pelabuhan sehingga membentuk kawasan Super Koridor Bandara Internasional Kualanamu-Pelabuhan Belawan-Pelabuhan Kuala Tanjung.

"Super koridor ini akan mendukung pengembangan Kawasan Strategis Nasional Medan, Binjai, Deli Serdang, Karo, atau Mebidangro, serta Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangke, dan kawasan-kawasan industri lainnya," katanya.

Ia juga mengatakan, dengan adanya pelabuhan laut dan bandara yang terintegrasi dinilai akan menjadi kekuatan besar untuk menggerakkan perekonomian di suatu wilayah.

Daryanto mengungkapkan, pihaknya juga menunggu berbagai masukan dan saran dalam rangka mengembangkan kawasan aerotropolis di Bandara Internasional Kualanamu.

"Pembangunan kawasan aerotropolis di Bandara Internasional Kualanamu dinilai sangat memungkinkan karena lahan yang masih cukup luas untuk dikembangkan," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement