Kamis 09 Oct 2014 16:47 WIB

100 Armada Bus Tingkat Gratis Akan Dioperasikan di Jalur ERP

Rep: C66/ Red: Indira Rezkisari
 Petugas dinas perhubungan mengatur kendaraan yang melintas saat  uji coba mesin electronic road pricing (ERP) di Jalan H.R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (30/9). (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Petugas dinas perhubungan mengatur kendaraan yang melintas saat uji coba mesin electronic road pricing (ERP) di Jalan H.R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (30/9). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, BALAI KOTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menambah setidaknya 100 armada bus bertingkat bebas biaya tahun depan. Armada ini rencananya dioperasikan di seluruh jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan merek bus bertingkat yang akan ditambah diantaranya adalah Mercedes Benz. Selain itu, ia menjelaskan bus lainnya juga akan disediakan oleh beberapa operator telekomunikasi yang bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta.

"Jadi kami menarik orang-orang untuk naik bus tingkat yang juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana berwisata," ujar Basuki di Balai Kota, Kamis (9/10).

Pria yang akrab disapa Ahok ini juga menjelaskan tidak hanya di Jalur ERP, namun pengoperasian bus bertingkat juga akan dilakukan di wilayah dengan sistem parkir meter. Hal ini, menurutnya agar masyarakat dapat beralih ke transportasi umum.

 

Mantan Bupati Belitung Timur ini juga mengatakan dana penambahan bus bertingkat gratis ini diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2015. Selain itu, nantinya bus dengan konsep wisata ini juga akan dioperasikan oleh PT Transportasi Jakarta (TJ).

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement