Jumat 26 Dec 2014 20:24 WIB

Indra Piliang Yakin ISIS tak akan Berkembang di Indonesia, Ini Alasannya

Kelompok bersenjata ISIS.
Foto: AP
Kelompok bersenjata ISIS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS menyebarkan ancaman kepada pihak keamanan di Indonesia melalui Youtube. Politisi Indra J Piliang pun ikut berkomentar mengenai jaringan ini.

Indra berpendapat ISIS tidak akan mudah berkembang dan menyebarkan pahamnya di Indonesia. Menurutnya ada beberapa alasan kenapa ISIS tidak akan bertahan lama di Indonesia. "Wow, ISIS sdh mulai menantang TNI dan Polri via youtube. Tantangan yg bakal menampar angin. Kekuatan TNI-Polri ada pd intelijen," katanya melalui akun Twitter @IndraJPiliang,

Kenapa intelijen Indonesia kuat, ia memaparkan ada tiga hal. Pertama, bahasa Indonesia dominan, lalu bahasa-bahasa lokal di Indonesia juga memudahkan untuk mengenal bahasa lain serta sistem kekerabatan yang kental di Indonesia.

Ia menilai, sebagai sebuah gerakan, ISIS sulit punya peluang di Indonesia. Pasalnya Indonesia bukanlah sebuah jazirah yang luas. Kafilah-kafilah dengan berpakaian aneh, lanjutnya, juga jarang ditemukan di Indonesia. "NKRI memang terbuka, tp solid sbg organisme sosial," jelasnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement