Ahad 04 Jan 2015 19:43 WIB

Dirut AP I Isyaratkan Air Asia Langgar Izin Penerbangan

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Indira Rezkisari
Air Asia
Air Asia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pesawat Air Asia QZ 8501 yang hilang pada Ahad pekan lalu dinilai telah melanggar jadwal terbang. Pasalnya, Kementerian Perhubungan menyebut Air Asia QZ 8501 hanya memiliki jadwal terbang dengan rute Surabaya-Singapura pada Senin, Selasa, Kamis, dan Sabtu sehingga rute tersebut dibekukan.

Namun, The Civil Aviation Authority of Singapore (CAAS) menyebutkan pesawat tersebut justru telah memiliki jadwal penerbangan dari Surabaya-Singapura pada Ahad. Pernyataan dari kedua belah otoritas ini pun menimbulkan dugaan bahwa pesawat Air Asia telah melakukan pelanggaran penerbangan.

"Logikanya bagaimana mungkin Singapura bisa terima jika tidak ada izin terbang dari negara asal," kata Tommy Soetomo, kepala PT Angkasa Pura I, Ahad (4/1).

Ia pun menjelaskan, izin penerbangan dikeluarkan oleh otoritas yakni  Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. "Terkait izin dikeluarkan oleh otoritas yakni Kementerian Perhubungan Dirjen Perhubungan Udara. Perihal yang merilis pesawat bisa atau tidaknya terbang yaitu pihak tower atau perum LPPNI atau Air Navigation Indonesia," jelasnya.