Kamis 07 Jan 2016 17:32 WIB

Dicopot karena Tinggalkan UN, Gugatan Kepsek SMAN 3 Dikabulkan

Red: Esthi Maharani
Kepala SMAN 3 Jakarta Retno Listyarti (kiri)
Foto: antara
Kepala SMAN 3 Jakarta Retno Listyarti (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta Timur mengabulkan gugatan Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Jakarta Retno Listyarti terkait pencopotan jabatan secara sepihak oleh Dinas Pendidikan Pemprov Jakarta.

"Saya bersyukur atas dikabulkannya gugatan ini, saya mengapresiasi para hakim yang menangani perkara ini karena telah cermat memahami persoalan yang sebenarnya," kata Retno melalui keterangan tertulis, Kamis (7/1).

Retno Listyarti menggugat Surat Keputusan Kadisdik DKI Jakarta No 355/2015 tentang pencopotannya sebagai Kepala SMAN 3 Jakarta pada Agustus 2015 di PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara) Jakarta. Setelah menjalani proses persidangan selama lima bulan di PTUN Jakarta, akhirnya majelis hakim mengetuk palu dan memutuskan mengabulkan gugatan perkara nomor 165/G/2015 yang diajukan Retno.

Retno mengatakan, alasan meninggalkan sekolah saat UN pada 17 April lalu untuk memenuhi undangan di salah satu TV swasta tentang kebocoran soal UN dari Google Drive yang ditemukannya. Dalam mengeluarkan SK yang ditandatangani oleh Kepala Disdik DKI Jakarta, Aries Budhiman, pada 7 Mei 2015 tersebut, Retno mendapat sanksi pencopotan jabatan atas dasar PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Sebelumnya, pengacara Retno Listyarti ini, mengkhawatirkan pencopotan jabatan melalui SK Pemberhentian Kepala Sekolah yang dilayangkan kepada dirinya berdasarkan penilaian subjektif dari Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta. Pemberhentian Retno sebagai kepala sekolah karena meninggalkan sekolah saat UN, menurut kuasa hukum, merupakan momentum bagi Dinas Pendidikan (Disdik) untuk memberi sanksi seberatnya.

"Kepala Dinas cenderung berlebihan dan sewenang-wenang dalam memberikan keputusan karena sanksi tentang disiplin PNS dalam PP 53 Tahun 2010 tersebut baru dijatuhkan jika PNS tersebut tidak masuk selama lima hari berturut-turut, sedangkan Bu Retno hanya meninggalkan sekolah selama satu jam," katanya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَذَرِ الَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا دِيْنَهُمْ لَعِبًا وَّلَهْوًا وَّغَرَّتْهُمُ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا وَذَكِّرْ بِهٖٓ اَنْ تُبْسَلَ نَفْسٌۢ بِمَا كَسَبَتْۖ لَيْسَ لَهَا مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ وَلِيٌّ وَّلَا شَفِيْعٌ ۚوَاِنْ تَعْدِلْ كُلَّ عَدْلٍ لَّا يُؤْخَذْ مِنْهَاۗ اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ اُبْسِلُوْا بِمَا كَسَبُوْا لَهُمْ شَرَابٌ مِّنْ حَمِيْمٍ وَّعَذَابٌ اَلِيْمٌ ۢبِمَا كَانُوْا يَكْفُرُوْنَ ࣖ
Tinggalkanlah orang-orang yang menjadikan agamanya sebagai permainan dan senda gurau, dan mereka telah tertipu oleh kehidupan dunia. Peringatkanlah (mereka) dengan Al-Qur'an agar setiap orang tidak terjerumus (ke dalam neraka), karena perbuatannya sendiri. Tidak ada baginya pelindung dan pemberi syafaat (pertolongan) selain Allah. Dan jika dia hendak menebus dengan segala macam tebusan apa pun, niscaya tidak akan diterima. Mereka itulah orang-orang yang dijerumuskan (ke dalam neraka), karena perbuatan mereka sendiri. Mereka mendapat minuman dari air yang mendidih dan azab yang pedih karena kekafiran mereka dahulu.

(QS. Al-An'am ayat 70)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement