Senin 01 Feb 2016 16:37 WIB

Jokowi Bakal Hadiri ASEAN-US Summit di Amerika

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Esthi Maharani
Jokowi
Foto: setkab.go.id
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri ASEAN-US Summit yang akan digelar di Sunnyland, California, Amerika Serikat pada 15-16 Februari mendatang.

"Insya Allah Presiden akan hadir," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsoedi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (1/2).

Menlu menuturkan, ASEAN-US Summit merupakan salah satu konferensi penting bagi Indonesia. Sebab, Indonesia, yang termasuk dalam anggota ASEAN, memiliki satu kemitraan strategis dengan Amerika sejak Oktober 2015 lalu. Selain itu, negara-negara ASEAN juga memiliki rencana aksi 2016-2020 bersama Amerika.

Sejauh ini, tutur Retno, rencana kunjungan kerja tersebut masih dimatangkan. Belum dipastikan apakah Presiden akan memiliki agenda kunjungan lain selama berada di Amerika nanti,

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan sejumlah menteri Kabinet Kerja telah melakukan kunjungan kerja ke Washington DC, Amerika Serikat pada akhir Oktober 2015 lalu. Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden AS Barack Obama.

Namun, Presiden dan rombongan pada akhirnya memutuskan untuk pulang ke Indonesia lebih awal dari jadwal karena ada permasalahan kebakaran hutan yang makin kompleks di Tanah Air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement