Senin 25 Jul 2016 14:24 WIB

Pulau Seribu dan Wakatobi Diusulkan Masuk AHP

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Andi Nur Aminah
Pulau Seribu
Foto: Indonesiatravel
Pulau Seribu

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH) mengusulkan dua taman nasional yakni Pulau Seribu dan Wakatobi menjadi ASEAN Heritage Park (AHP), setelah Taman Nasional Way Kambas (TNWK) ke-36. Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLH, Tachrir Fathoni mengatakan pada sidang komite AHP ke-5 di Bandar Lampung, pada 25-26 Juli 2016, Indonesia akan mengusulkan dua taman nasional (TN) lagi untuk masuk pada AHP setelah TNWK.

“Kami usulkan lagi Pulau Seribu dan Wakatobi masuk AHP menyusul Way Kambas,” kata Tachrir Fathoni disela-sela sidang komite AHP di Bandar Lampung, Senin (24/7).

Ia mengatakan AHP merupakan kawasan perlindungan terpilih di wilayah ASEAN dengan keanekaragaman hayati dan ekosistem yang unik dan mempunyai nilai yang tinggi. “AHP diberikan sebagai penghargaan tinggi terhadap pentingnya kawasan tersebut sebagai kawasan konservasi,” ujarnya.

Melalui deklarasi ASEAN tentang heritage parks and reserves, negara-negara ASEAN sepakat mengelola AHP secara efektif guna memelihara proses ekologis dan sistem pendukung kehidupan, melestarikan keragaman genetik, memastikan pemanfaatan spesies dan ekosistem secara berkelanjutan. Selain itu menjaga keindahan alam, budaya, pendidikan, penelitian, rekreasi, dan pariwisata.