Jumat 02 Sep 2016 15:28 WIB

PDIP: Budi Gunawan Bisa Tingkatkan Kinerja BIN

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Bayu Hermawan
Ketua DPP PDI Perjuangan Andreas Pereira
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Ketua DPP PDI Perjuangan Andreas Pereira

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP PDI Perjuangan, Andreas Hugo Pereira mendukung keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Komjen Pol Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) menggantikan Sutiyoso. Ia menilai BG merupakan seorang Pati Polri yang mempunyai karir cemerlang.

Menurutnya BG adalah perwira polisi yang tenang, berintelektual, dengan pengalaman yang luas baik sebagai konseptor, administrator maupun sebagai perwira teritori lapangan yang memimpin Polda yang strategis seperti Bali. BG juga disebut mempunyai jaringan yang luas.

''Sehingga kita berharap penunjukan BG ini mampu meningkatkan kinerja BIN sebagai institusi intelijen negara yang mampu mendeteksi ancaman-ancaman dan gangguan terhadap keamanan negara secara dini,'' katanya saat dihubungi, Jumat (2/9).

(Baca: Akom Yakin Proses Penetapan Budi Gunawan Jadi Kepala BIN Lancar)

BIN juga diharapkan mampu menyuplai informasi bagi presiden sebagai pengambil keputusan utama di republik ini dalam berbagai hal. Andreas meminta BIN melaksanakan fungsinya untuk koordinasi intelijen dengan lembaga intelijen funsional demi keamanan dan keselamatan negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement